Manfaat Gerak dan Lagu bagi Anak-Anak PAUD.

24 Juni 2016 Artikel Pendidikan   |    Kak Zepe


Tidak dapat dipungkiri bahwa bernyanyi sambil bergerak atau aktivitas gerak dan lagu sangat digemari oleh anak-anak usia dini. Salah satu contoh lagu yang digemari oleh anak-anak dan biasanya dinyanyikan sambil bergerak adalah "Kepala Pundak Lutut Kaki". Dari zaman dahulu hingga sekarang lagu ini masih menjadi favorit untuk diajarkan di sekolah-sekolah setaraf PAUD. Selain karena menyenangkan, apa sajakah manfaat yang bisa dicapai dengan memperagakan gerak dan lagu?

1. Memacu Kreatifitas Pendidik

Pada zaman sekarang banyak sekali lagu-lagu anak yang bisa diunduh gratis, baik melalui youtube maupun diunduh dalam bentuk aplikasi. Beberapa lagu anak memang tidak menyediakan visualisasi gerakan yang bisa ditiru, namun hanya sebatas video klip lagu anak. Seorang pendidik yang kreatif harus bisa menciptakan gerakan-garakan sendiri hanya dengan mendengarkan lagunya. Gerakan-gerakan yang diperagakan pun tidak perlu terlalu rumit, karena yang terpenting anak-anak bisa dengan mudah menguasainya. Bila nanti anak-anak sudah merasa bosan, kita bisa mengajarkan gerak dan lagu dengan judul lagu yang berbeda.

2. Anak-anak semakin senang belajar di sekolah

Agar anak-anak bisa melakukan gerak dan lagu dengan baik, maka seorang pendidik pun harus berusaha total atau tidak boleh malu-malu dalam mengajarkannya. Hal inilah yang kadang membuat siswa senang dengan gerak dan lagu. Anak-anak didik bisa melihat sosok para pendidiknya yang "gaul" dan "gila", bukan lagi sosok yang serius.

Guru-guru baru sangat disarankan untuk bisa memimpin aktivitas gerak dan lagu, agar cepat dekat dengan anak-anak. Dengan adanya rasa dekat inilah nantinya anak-anak semakin senang belajar di sekolah.

3. Anak-anak akan semakin percaya diri

Anak-anak yang bersuara merdu biasanya akan lebih percaya diri saat tampil beryanyi di depan umum. Mereka pun bisa bernyanyi sambil melakukan gerakan-gerakan sesuai dengan tempo dan lirik lagu yang dinyanyikan. Namun untuk anak-anak yang suaranya pas-pasan biasanya kurang percaya diri saat bernyanyi. Namun dengan adanya gerak dan lagu kita bisa memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk bergerak sambil bernyanyi atau hanya bergerak saja. Dengan membiasakan diri bergerak dengan lincah bersama dengan teman-teman yang lain, maka anak-anak pun akan semakin percaya diri, baik bagi mereka yang bisa bernyanyi maupun yang tidak bisa bernyanyi atau bersuara pas-pasan.

4. Melatih kecerdasan kinestetk dan musikal

Dengan gerakan-gerakan yang mereka lakukan, maka mereka telah melatih kecerdasan kinestetk. Dengan lagu yang mereka nyanyikan dan bergerak sesuai irama atau tempo, mereka telah melatih kecerdasan musikal. Ini adalah manfaat terbesar dari gerak dan lagu.

5. Melatih kecerdasan sosial

Gerak dan lagu sangat identik dengan senam. Hanya saja saat melakukan gerak dan lagu anak-anak bisa sambil bernyanyi, atau hanya diam saja, dan bergerak sesuai irama lagu yang dinyanyikan atau didengarkan. Bila aktivitas ini dilakukan bersama-sama, maka kecerdasan sosial anak-anak pun akan semakin terasah. Kekompakan antar siswa pun akan semakin baik.

6. Imajinasi anak berkembang

Dengan gerak dan lagu imajinasi anak pun akan semakin berkembang. Anak-anak bisa melakukan gerakan-gerakan sesuai dengan lirik lagu yang dinyanyikan atau didengarkan. Dengan adanya lagu yang disertai lirik (tidak hanya instrumen) dalam gerak dan lagu, anak-anak bisa lebih mudah hafal gerakan-gerakannya, selain itu manfaat yang terkandung dalam lirik lagu pun akan lebih mudah diserap oleh siswa.

7. Sehat jasmani dan rohani

Dengan pemilihan lagu yang tepat, maka manfaat yang bisa didapatkan siswa melalui aktivitas gerak dan lagu pun akan semakin maksimal. Sudah jelas, bahwa dengan gerakan-gerakan yang teratur kesehatan jasmani anak pun akan terstimulasi. Akan lebih disarankan bila seorang pendidik cerdas dalam memilih lagu. Bukan hanya karena lagunya populer lalu diajarkan kepada anak-anak, namun perlu mempertimbangkan nilai edukatif dalam lirik yang terkandung dalam lagu. Dengan memilihkan lagu-lagu yang memiliki nilai pendidikan karakter, maka sisi kerohanian anak pun akan semakin diperkaya.

(Penulis adalah Praktisi Pendidikan dan Pencipta Lagu Anak dalam aplikasi gratis" Lagu Anak Kak Zepe Vol 1 dan 2)