Membuat Tempat Lilin dari Botol Bekas

Sebelum kemajuan teknologi membawa kita ke era lampu-lampu yang terang benderang, lilin adalah sumber penerangan yang umum digunakan.

Murah dan mudah didapat, lilin sering kali menjadi pilihan utama untuk memberikan cahaya di rumah-rumah orang. Namun, dengan hadirnya lampu yang semakin dominan, peran lilin sebagai sumber cahaya utama mulai tergeser.

Namun, bukan berarti kegunaan lilin sudah usang. Selain sebagai alat penerang, lilin memiliki banyak kegunaan lain yang seringkali terlupakan.

Dari sekadar memberikan cahaya, lilin juga bisa menjadi alat praktis untuk keperluan sehari-hari.

Misalnya, untuk melepaskan dan merawat reseleting tas atau celana yang macet, memperbaiki ujung tali sepatu yang mulai kusut, atau bahkan sebagai elemen dekoratif yang menambah kehangatan ruangan.

Namun, masalah yang sering timbul saat menggunakan lilin adalah bila lilin mulai meleleh dan meninggalkan bekas yang sulit dibersihkan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa membuat alat penadah lilin yang sederhana namun efektif menggunakan botol plastik bekas. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Alat dan Bahan

Botol minum bekas

  • 1 gulung Pita dengan tebal sekitar lebih dari 2 cm
  • Manik-manik dengan warna yang sama
  • Lem panas
  • Rangkaian pita yang telah dibuat
  • Cat putih
  • Gunting

Cara Pembuatan

** Potong bagian atas botol plastik bekas hingga sepertiga dari bagian atas. Pastikan hasil pemotongan menyerupai wadah terbuka dengan dasar yang solid.

** Kecilkan ukuran wadah dengan memotong bagian ujung botol hingga ke leher. Buang sisa botol yang tidak diperlukan.

** Setelah itu, beri cat putih pada bagian dalam dan luar wadah. Untuk penampilan yang lebih menarik, hias bagian mulut wadah dengan melilitkan pita.

** Tempelkan manik-manik ke bagian bawah leher botol menggunakan lem panas. Anda bisa memberikan lem secara merata atau membentuk titik-titik kecil untuk perekatan yang lebih kuat.

** Setelah lem mengering dan manik-manik terpasang kuat, hias wadah dengan rangkaian pita sesuai selera. Letakkan rangkaian pita di sekitar wadah untuk memberikan sentuhan dekoratif.

** Tempatkan lilin di dalam wadah yang telah dibuat. Sekarang Anda memiliki tempat lilin yang unik dan cantik untuk diletakkan di ruangan mana pun yang membutuhkan cahaya tambahan.

Dengan menggunakan botol plastik bekas dan sedikit kreativitas, Anda dapat mengubahnya menjadi tempat lilin yang cantik dan fungsional.

Selain membantu menjaga lilin agar tidak meleleh dan meninggalkan bekas, tempat lilin ini juga bisa menjadi dekorasi menarik untuk mempercantik ruangan Anda.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba membuatnya di rumah!

Kunjungi juga:

edwinls

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *