Pelatihan Primavera P6 untuk Perencanaan Proyek Terbaik

Apakah Anda berkeinginan untuk menjadi seorang ahli atau pakar dalam bidang Penjadwalan Proyek melalui Training Primavera yang bermutu?

Jika Anda berperan sebagai Pengendali Proyek, Perencana, atau bahkan Manajer Proyek, Anda memerlukan alat Primavera P6 untuk menganalisis jadwal proyek.

Saat ini, Primavera merupakan perangkat lunak penjadwalan yang sangat sesuai digunakan untuk proyek berukuran menengah hingga besar.

Proyek berukuran menengah hingga besar yang dimaksud di sini adalah proyek dengan durasi lebih dari 1 tahun dan melibatkan lebih dari 200 aktivitas penjadwalan.

Menurut pandangan kami, perangkat lunak penjadwalan ini sudah menjadi suatu kebutuhan utama bagi perusahaan yang menangani berbagai proyek di sektor konstruksi.

Meskipun perangkat lunak ini juga dapat digunakan untuk proyek berukuran kecil atau berbagai jenis proyek lainnya.

Manfaat Mengikuti Training Primavera untuk Manajemen Proyek

Ketika Anda mempertimbangkan penggunaan alat penjadwalan, penting untuk mempersiapkan diri dengan memahami berbagai istilah dalam manajemen proyek yang terkait dengan penjadwalan.

Beberapa istilah penjadwalan yang perlu Anda kenali antara lain:

Jalur kritis, free float, total float, jenis relasi antar aktivitas (Start to Start, Finish to Start, Finish to Finish, Start to Finish), lead, lag, constraint, earn value, WBS, s-curve, dan berbagai istilah lainnya.

Meskipun banyak yang mungkin sudah familiar dengan istilah di atas, bagi mereka yang masih baru dalam dunia penjadwalan atau perencanaan proyek (seperti mahasiswa atau fresh graduate),

Anda tidak perlu khawatir…

Dalam Training Primavera ini, materi pendahulu akan disampaikan untuk membantu Anda memahami berbagai istilah tersebut sebagai dasar sebelum memasuki materi penjadwalan menggunakan Primavera P6.

Keuntungan Mahir Perencanaan dan Pengendalian Proyek dengan Primavera

Apa keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan menguasai penggunaan alat Primavera untuk penjadwalan?

Anda diharapkan dapat mencapai hal-hal berikut:

Secara umum:

  1. Meningkatkan keterampilan manajemen proyek Anda (terkait penjadwalan), membuka peluang karier yang lebih baik secara keseluruhan.
  2. Mencari peluang di proyek berskala menengah dan besar, baik dalam negeri maupun internasional, yang tentunya membutuhkan keterampilan penjadwal dan perencana yang mahir menggunakan Primavera P6 dengan gaji berkisar dari ribuan hingga ratusan ribu dolar AS.

Secara khusus:

  1. Mampu memprediksi penyelesaian proyek (apakah akan terlambat atau mendahului) jika terjadi perubahan jadwal pada salah satu aktivitas.
  2. Memperkirakan durasi keterlambatan atau percepatan.
  3. Menentukan aktivitas yang menjadi prioritas untuk dikerjakan dan dimonitor.
  4. Membuat jadwal yang sesuai dengan aturan penjadwalan.

Tidak hanya untuk para profesional, bagi lulusan baru yang ingin bekerja sebagai insinyur atau perencana, memahami penggunaan alat ini menjadi suatu keharusan.

Apa yang membuat Anda Perlu Ikut Pelatihan di Media Aplikatif?

Sasaran kami tidak hanya memberikan keterampilan dasar dalam mengoperasikan Primavera kepada Anda.

Namun, kami juga bertujuan memberikan pelatihan tentang bagaimana membuat jadwal yang mematuhi standar aturan penjadwalan.

Sekali lagi…

Kami tidak hanya ingin Anda mengerti aspek perangkat lunaknya saja, seperti menambahkan aktivitas, membuat relasi antar aktivitas, tetapi juga bagaimana membuat relasi yang sesuai dengan aturan penjadwalan, menentukan float sesuai aturan, dan cara membuat jadwal proyek secara menyeluruh yang mematuhi aturan.

Bagi mereka yang hanya ingin mahir menggunakan aplikasi ini, tentu saja sudah banyak pelatihan di YouTube yang dapat “memenuhi” kebutuhan tersebut, meskipun belum tentu sesuai kebutuhan.

Namun, untuk pelatihan Primavera yang mencakup cara membuat jadwal sesuai standar profesional, terutama penggunaan Primavera untuk memenuhi tuntutan dunia kerja (studi kasus), Anda dapat mengikuti pelatihan Primavera yang dirancang khusus untuk pekerja di perencanaan proyek seperti di Media Aplikatif.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengintegrasikan penggunaan alat Primavera dengan alat lain seperti Microsoft Project dan Excel.

Primavera sangat baik untuk melakukan analisis jadwal, tetapi untuk mengisi data dalam jumlah yang besar, Anda dapat menggunakan tools tambahan yang kami rekomendasikan.

Training Primavera P6 Output

Training Primavera P6 di Media Aplikatif menggunakan step-by-step studi kasus proyek. Instruktur akan memandu Anda membuat jadwal proyek dari awal hingga menjadi master jadwal dan rencana anggaran biaya (RAB).

Pada prakteknya, tidak semua jadwal proyek di Primavera P6 melibatkan sumber daya (tenaga kerja, material, alat, biaya), dan pada pelatihan ini, modul utama dibagi menjadi dua bagian:

Bagian 1 membahas dasar pembuatan master jadwal tanpa melibatkan sumber daya. Bagian 1 ini mencakup pembuatan jadwal dan konfigurasi optimal di Primavera. Anda akan mempelajari cara membuat jadwal, mengonfigurasi, memperbarui, dan menganalisa atau memantau jadwal.

Bagian 2 membahas pembuatan master jadwal dengan melibatkan sumber daya. Materi utama mencakup pembuatan rencana jadwal dan manajemen sumber daya termasuk anggaran biaya. Anda akan dipandu dalam membuat rencana kerja yang direpresentasikan dalam data tabular dan grafik S-Curve serta analisis kemajuan proyek menggunakan Metode Earned Value di Primavera.

Hasil yang diharapkan:

  • Memahami konsep dasar Penjadwalan Proyek.
  • Membuat master jadwal dan menentukan jalur kritis.
  • Menetapkan kalender proyek dan memahami dampaknya pada jadwal.
  • Memahami konfigurasi global di Primavera sesuai kebutuhan.
  • Menganalisis aspek jadwal seperti jalur kritis, durasi, relasi aktivitas, constraint, dan float.
  • Mengkonversi S-Curve dari Primavera P6 ke Excel.
  • Menyusun perkiraan rencana anggaran biaya (RAB) proyek.
  • Memahami konsep analisa proyek dengan metode Earned Value.
  • Menganalisis kinerja proyek dengan metode Earned Value.
  • Memahami penggunaan Fitur Financial Period di Primavera.
  • Membuat laporan bulanan.
  • Melakukan ekspor-impor data dan berkolaborasi dengan rekan kerja lainnya.
  • Dll.

Primavera Training Outline: Project Planning and Scheduling

Berikut materi yang akan Anda dapatkan:

BAGIAN 1: Planning and Controlling (hari 1-2)

  • Introduction to Primavera and Key Concepts
  • Creating and Defining Projects Elements
  • Activities, Steps, and Relationships
  • Scheduling, Constraints, and Shortening Techniques
  • Scheduling Updates and Control
  • Issues Management
  • Preparing Layouts and Reports
  • Activity Codes and Organization
  • Advanced Filtering
  • Importing and Exporting Project Data
  • Utilizing Primavera P6 Visualizer to Compare Project Schedules
  • Exercise and Case Studies

BAGIAN 2: Resources Management (hari 2-3)

  • Cost Account and Expense
  • Roles and Resources Management
  • Resource Leveling
  • Updating Resource Usage
  • Earned Value Management (EVM)

Durasi Pelatihan: 3 hari.

Fasilitas: Modul, Sertifikat, Makan Siang (jika on-site), Snack, Training Kit, Tanya-jawab via WhatsApp (setelah selesai training), Akses materi video 6 bulan (setelah selesai training), Tempat Pelatihan on-site yang nyaman dan ber-AC atau in-house.

Biaya Privat: Rp.3.550.000/peserta (minimal 2 peserta).

Biaya Semi Privat: Rp.3.350.000/peserta (minimal 3 peserta).

Biaya Reguler: Rp.2.750.000/peserta (minimal 10 peserta).

Penyelenggaraan training di hotel terkena biaya tambahan Rp.500.000 per orang dengan peserta minimum (6 orang).

Tempat Pelatihan (*): Hotel 88 Blok M, Favehotel Melawai, dll.

*Hotel masih tentative.

Target peserta:

Insinyur Sipil, Insinyur Arsitek, Insinyur Bangunan, Insinyur Industri, Insinyur Mekanikal dan Kelistrikan, Manajer Proyek, dan semua profesional yang ingin mahir perencanaan proyek menggunakan Primavera.

Sektor:

Industri, konstruksi, minyak, gas, bangunan, kelautan dan energi, dan lain-lain.

Tentang Trainer

Instruktur memiliki pengalaman sebagai Skeduler, Planner dan Project Control dan praktisi dalam penggunaan Primavera P6 di berbagai perusahaan, termasuk Perusahaan Nasional di sektor Minyak dan Gas, perusahaan Multinasional (kereta api cepat – elevated dan underground, bangunan), Proyek Nasional (tol jalan layang), dll dengan lebih dari 10 tahun di bidang perencanaan menggunakan Primavera P6.

Trainer juga berpengalaman memenuhi kebutuhan proyek di perusahaan multinasional dengan menganalisis dan menyajikan data laporan proyek, mengawasi kemajuan proyek, menganalisis keterlambatan (EoT), serta membantu merancang solusi percepatan.

Instruktur memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Teknik dari Institut Teknologi Bandung dan telah memperoleh sertifikasi dari Oracle.

Yuk, maksimalkan karier Anda dengan Training Primavera eksklusif kami!

Bagi yang ingin reservasi atau konsultasi tentang training, silahkan hubungi:

Email: [email protected]

WA/Call:

atau:

Baca juga: Pelatihan Microsoft Project di Jakarta.

edwinls

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *