Menghitung Selisih Hari Dari 2 Tanggal: Fungsi DAYS360

Fungsi Excel DAYS360 menghitung jumlah hari antara dua tanggal dengan asumsi 1 bulan 30 hari dan 12 bulan (1 tahun) 360 hari, digunakan untuk keperluan akunting dengan spesifik 360 hari dalam 1 tahun.

Untuk menggunakan fungsi DAYS360, caranya sebagai berikut:

=DAYS360(tanggal_mulai,tanggal_akhir,[metode])

tangga_mulai: tanggal awal

tanggal_akhir: tanggal akhir

metode [opsional] : Metode penghitungan hari. Jika pilihan FALSE (default) menggunakan Metode U.S., jika TRUE menggunakan Metode Eropa.

E2=DAYS360(B2;B3;FALSE)

Pada E2 gambar di atas dihasilkan jumlah hari positif diantara 2 tanggal, sedangkan pada E3 dihasilkan jumlah hari negatif (reverse).

Terlihat juga perbedaan perhitungan selisih hari antara fungsi DAYS dan fungsi DAYS360.

E2=DAYS360(B2;”20-Feb-21″;FALSE)

Tidak hanya data dengan format tanggal, fungsi DAYS360 juga bisa mendapatkan jumlah hari dari tanggal dalam format teks.

Catatan:

Metoda U.S:

Aturan ini memperhitungkan akhir bulan dan menentukan bagaimana tanggal akan diproses dalam situasi tertentu.

Contoh: Jika tanggal awal adalah 25 Januari, dan tanggal akhir adalah 28 Februari, maka menurut metode U.S. (NASD), tanggal akhir akan tetap menjadi 28 Februari.

Namun, jika tanggal awal adalah 25 Januari dan tanggal akhir adalah 31 Januari, menurut metode ini, tanggal akhir akan diubah menjadi 1 Februari karena itu adalah akhir bulan, dan tanggal awal tidak setara dengan tanggal 30 di bulan yang sama.

Jadi, metode U.S. (NASD) memperhatikan kapan bulan berakhir dan bagaimana memperlakukan tanggal-tanggal yang berada di sekitar akhir bulan dalam perhitungan.

Metode Eropa:

Aturannya adalah jika tanggal awal atau tanggal akhir jatuh pada tanggal 31 di bulan tersebut, maka tanggal tersebut dianggap sama dengan tanggal 30 di bulan yang sama.

Contoh: Jika tanggal awal adalah 31 Januari, dan tanggal akhir adalah 28 Februari, menurut metode Eropa, tanggal awal akan diubah menjadi 30 Januari karena tanggal 31 Januari dianggap sama dengan tanggal 30 Januari dalam metode ini.

Dengan demikian, metode Eropa mengubah tanggal 31 menjadi tanggal 30 ketika digunakan dalam perhitungan tanggal, sesuai dengan aturannya yang khusus.

Baca Juga:

edwinls

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *