Menghasilkan Angka Acak Unik di Excel 2019 atau Sebelumnya

Microsoft Excel memiliki fungsi RANDBETWEEN untuk menghasilkan angka acak pada rentang tertentu. Namun angka yang dihasilkan tidak selalu unik (bisa berulang).

Jika Anda ingin membuat rangkaian angka unik, Anda bisa menggunakan rumus yang melibatkan fungsi RANDARRAY (versi Excel 2021) dan fungsi lainnya. Namun jika Excel Anda versinya di bawah 2021, berikut ini cara yang bisa digunakan:

Buat pilihan area di Excel, sesuai jumlah angka unik yang ingin dihasilkan:

Setelah itu ketikkan rumus RAND() di kotak formula, lalu tekan Ctrl + Enter.

Setelah itu akan muncul angka desimal Random yang unik pada semua area yang dipilih.

Setelah itu pilih area lain dengan jumlah yang sama dengan yang sebelumnya dipilih (baris, kolom). Isikan kolom formula dengan rumus RANK(sel paling kiri atas data sebelumnya, area data sebelumnya), Jangan lupa tanda absolute $ juga digunakan. Setelah itu tekan Ctrl + Enter.

Anda akan mendapatkan angka-angka acak unik yang terisi pada area yang dipilih.

Pada rumus RANK akan dicari urutan atau ranking dari terbesar sampai terkecil angka desimal pada B2:H19. Karena angka desimal yang dihasilkan oleh fungsi RAND unik, maka urutan yang dihasilkan oleh fungsi RANK juga unik.

Catatan:

Cara di atas dapat digunakan jika Anda memiliki versi Excel antara 2003-2019. Jika Anda memiliki versi 2021, Anda bisa memanfaatkan kombinasi fungsi RANDARRAY dan fungsi lainnya.

edwinls

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *