Menggunakan Navigation Pane untuk Menelusuri Dokumen

Anda dapat menggunakan fitur Word yang namanya Navigation Pane. Dengan fitur ini Anda dapat mengakses dokumen dengan lebih cepat: seperti akses berdasarkan Header dokumen pada halaman tertentu, mengakses salah satu halaman berdasarkan urutan halaman, serta mengakses halaman berdasarkan hasil pencarian teks.

Untuk menggunakan Navigation Pane, caranya masuk ke tab View > klik Navigation Pane

Setelah itu akan muncul window Navigation. Anda perlu menggunakan format Heading pada dokumen, seperti Heading 1, Heading 2, Heading 3 dan seterusnya agar navigasi ini muncul di tab Headings.

Jika Anda telah menggunakan format Heading pada dokumen, maka akan muncul Navigasi berupa heading di bagian tab Headings (seperti gambar di bawah).

Jika header pada bagian Navigation Anda klik, maka Anda akan diarahkan ke halaman yang memuat Header tersebut.

Selain navigasi pada tab Headings, Anda juga dapat menggunakan tab Pages untuk navigasi di halaman Word. Pada tab ini Anda dapat langsung mengklik salah satu halaman yang ditampilkan secara berurutan dari awal sampai akhir, untuk melihat kontennya di Word.

Tab lainnya yang dapat digunakan untuk navigasi adalah tab Result. Pada tab Result, Anda dapat melakukan pencarian sesuai teks atau kata kunci yang diketikkan pada kolom pencarian.

Setelah hasil pencarian muncul, Anda bisa mengklik salah satu list teks hasil pencarian yang muncul di bagian bawah kotak pencarian di tab Results untuk menampilkan halamannya di Word.

Baca juga: Mengecek salah ketik (grammar) bahasa Inggris di Word, Melacak revisi teks, gambar atau objek, Membuat link navigasi ke halaman dokumen di Word, Kelas Microsoft Word di Jakarta

edwinls

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *