Menambah dan Mendefenisikan Relasi Antar Aktifitas di MS Project

Aktifitas merupakan pekerjaan yang dapat diperkirakan durasinya yang ditambahkan di bawah paket pekerjaan (Work Package) atau level terendah dari WBS di MS Project.

Mengkonfigurasi Tampilan Kerja

Sebelum menambah aktifitas, sesuaikan terlebih dulu data yang akan diisi dengan tampilan kerja MS Project. Anda dapat mengikuti konfigurasi tampilan kerja default MS Project untuk menambah aktifitas.

Masuk ke tab View > Task Sheet

Masih pada tab View > klik Tables > Entry

Menambah Aktifitas

Sebelum menambah aktifitas, sebaiknya Anda telah membuat terlebih dulu WBS proyek (baca membuat WBS proyek di MS Project).

Selanjutnya isikan nama aktifitas beserta durasinya pada WBS yang sudah didefenisikan.

Pilih (klik) pada WBS yang berada di bawah WBS yang ingin diisi aktifitasnya terkebih dulu. Misalnya, Anda ingin menambah aktifitas di WBS Foundation, klik pada WBS Structure yang ada di bawah Foundation.

Selanjutnya klik tab Task. Pada grup Insert, klik + Task untuk menambah aktifitas atau klik + Milestone untuk menambah Milestone.

Pada kolom Task Name isikan nama aktifitas dan pada kolom Durasi, isikan durasi aktifitas. Kolom tanggal (Start dan Finish) dibiarkan, tidak perlu diisi.

Mendefenisikan Relasi Antar Aktifitas

Untuk menambahkan relasi antar aktifitas, caranya:

Munculkan kolom Successor pada tabel aktifitas, kemudian klik pada area Successor aktifitas yang akan ditambah relasinya.

Pada jendela pilihan Successor pilih sesuai Successor yang diinginkan, setelah itu klik di luar area untuk mengkonfirmasi pilihan.

Secara default jenis relasi pada aktifitas adalah Finish to Start (FS). Anda bisa mengubahnya menjadi jenis relasi lainnya dengan menambahkan langsung di depan ID aktifitas, jenis relasinya, yaitu: SS untuk Start to Start, FF untuk Finish to Finish, SF untuk Start to Finish.

Cara mengubah jenis relasi:

Klik pada area di kolom Successor yang ingin Anda ubah, sampai Anda dapat mengetikkan karakter di area Successor.

Ubah sesuai dengan relasi yang diinginkan.

Jika terdapat lag, Anda dapat menambahkan +[angka][satuan waktu]. Contoh: 31FF+5 days, artinya aktifitas memiliki successor ke aktifitas dengan ID 31 dengan jenis relasi Finish to Finish dengan lag 5 hari. Jika menambahkan lead, maka tanda + (plus) diubah menjadi – (minus).

Setelah semua aktifitas terhubung dan di-skedul secara otomatis, tanggal penyelelesaian dan durasi proyek dapat dilihat di bagian paling atas tabel aktifitas.

Atau dapat juga dilihat di Project Information > Statistics

Baca juga: Mendefenisikan Constraint di Microsoft Project, Membuat WBS di Microsoft Project, Microsoft Project Training

edwinls

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *