Bolehkan Remaja Berkelompok (Nge-geng)?

Masa remaja sering kali diidentifikasi dengan pencarian identitas diri, dan pertemanan dengan teman sebaya memainkan peran krusial dalam proses ini. Lebih dari sekadar lingkungan keluarga, pertemanan menjadi tempat di mana remaja mengekspresikan diri dan mengembangkan diri.

Mulai dari satu atau dua teman, hubungan tersebut sering berkembang menjadi kelompok sosial remaja yang kuat, dikenal juga sebagai geng.

Aktualisasi Diri Dalam Kelompok Sosial

Dalam kelompok sosial ini, remaja memiliki kesempatan optimal untuk mengaktualisasikan diri mereka.

Mereka merasa lebih bebas dan lebih bisa mengekspresikan diri, berbeda dengan interaksi dengan orang dewasa yang sering kali membatasi dan mengkritik. Namun, dalam dinamika kelompok tersebut, terdapat risiko dan tantangan yang perlu diwaspadai.

Salah satu hal yang tidak wajar adalah terjerumusnya remaja dalam kegiatan yang meresahkan masyarakat atau bahkan tindakan kriminal. Contohnya adalah geng motor, yang awalnya mungkin berawal dari minat bersama terhadap motor namun kemudian berubah menjadi kegiatan yang merugikan.

Pilih Kelompok Yang Positif

Penting bagi remaja untuk memahami tujuan dari keanggotaan dalam sebuah geng dan memilih lingkungan yang positif.

Tekanan untuk menyesuaikan diri dengan norma-norma kelompok bisa menjadi beban tersendiri bagi remaja. Namun, penting untuk membedakan hal positif dan negatif.

Remaja harus memiliki keberanian untuk menolak hal yang tidak sesuai dengan nilai dan prinsip mereka sendiri. Memilah dan memilih kelompok yang positif akan membawa manfaat, seperti memperluas wawasan, memiliki tempat curhat, dan mencari identitas yang sesuai dengan diri mereka.

Bagi remaja yang memiliki mental dan kepribadian yang positif, mereka akan memahami batasan-batasan untuk mengikuti kelompok mereka.

Keunikan dan keberanian untuk tampil beda akan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Namun, penting untuk diingat bahwa keunikan tersebut haruslah positif dan sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Masa remaja adalah waktu yang penting dalam mencari identitas diri. Dengan memilih kelompok yang tepat, remaja dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang siapa mereka dan apa yang mereka sukai dengan cara yang positif dan membangun.

edwinls

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *