Statistika, Materi Matematika SMP Kelas IX

5 Desember 2016 Tutorial Matematika


Pada materi kali ini adalah materi matematika untuk SMP kelas IX yaitu Statistika.
Sebelum kita membahas lebih dalam mengenai statistika, perhatikan gambar berikut ini.

Gambar-gambar diatas adalah gambar diagram atau juga kadang disebut grafik.

Gambar 1. Diagram Batang.
Kenapa disebut diagram batang? Hal ini di karenakan penyajian datanya dalam bentuk batang vertikal keatas, dalam prakteknya ada juga yang berbentuk diagram dengan penyajian data nya dalam bentuk batang horisontal.

Gambar 2. Diagram Garis.
Pada dasarnya jenis diagram ini sama seperti diagram batang, namun disajikan dalam bentuk garis yang menghubungkan titik-titik tertentu.

Gambar 3. Diagram Lingkaran.
Kenapa disebut diagram lingkaran? Pasti Anda bisa menebaknya, karena penyajian datanya dalam bentuk lingkaran dimana tiap data disajikan dalam bentuk potongan lingkaran.

Dari penjelasan ketiga gambar tersebut beberapa kali dikatakan penyajian data, penyajian data memang erat kaitannya dengan materi statistika. Jadi sebenarnya apa sih statistika itu?

Statistika adalah salah satu cabang ilmu matematika yang mempelajari mengenai cara untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mempresentasikan data.

Dalam materi statistika untuk SMP kelas 9 akan dibahas mengenai:
1. Mengumpulkan Data
2. Mengurutkan Data
3. Memusatkan Data
4. Menyajikan Data

1. Mengumpulkan Data
Dalam pengumpulan data, khususnya data kuantitatif, kita dapat menggunakan dua cara atau kategori, yaitu:

a. Data Cacahan
Data Cacahan adalah Data yang diperoleh dengan cara menghitung atau mencacahnya.
Misalnya: Dalam suatu RW terdiri dari 220 warga wanita dan 80 warga pria.

b. Data Ukuran
Data ukuran atau data kontinyu adalah Data yang diperoleh dengan cara mengukur.
Misalnya: tinggi badan dari lima orang siswa yaitu 175, 163, 181, 180, dan 170.

2. Mengurutkan Data
Apabila data yang terkumpul dalam jumlah banyak dan tidak teratur urutannya, maka kita akan mengalami kesulitan untuk menganalisisnya. Sehingga kita perlu untuk mengurutkan data tersebut. Dalam mengurutkan data biasanya dilakukan dengan mencatat banyaknya (frekuensi) nilai data-nilai data yang sama kemudian diurutkan dari yang memiliki nilai terkecil (minimum) sampai ke nilai yang tertinggi (maksimum). Namun jika data yang kita peroleh dalam jumlah kecil, kita masih bisa mengolah atau menganalisisnya dengan mudah, tanpa harus mengurutkan data tersebut.

3. Memusatkan Data
Dalam pemusatan data akan dikenal tiga hal, yaitu; mean, median, dan modus.
1. Mean


Lihat perbedaannya? Untuk data kelompok, kita perlu mengalikan nilai dengan frekuensinya terlebih dahulu sebelum dijumlahkan. Kemudian dibagi dengan jumlah frekuensi.

2. Median

Median adalah nilai tengah dalam sekumpulan data, setelah data tersebut diurutkan. Cara menentukan median dari data tunggal yaitu sebagai berikut.


3. Modus


4. Menyajikan Data
Setelah data telah dikumpulkan data perlu disusun dan disajikan dalam bentuk visual yang jelas dan baik guna keperluan analisis lebih lanjut. Secara umum ada dua cara penyajian data, yaitu dengan tabel (daftar) dan diagram (grafik).Pada awal penyajian materi ini sudah disinggung mengenai diagram, Anda juga sudah diperkenalkan dengan beberapa jenis diagram, yaitu diagram batang, garis, lingkaran.

Demikian pembahasan materi mengenai statistika, semoga dapat membantu Anda mempelajari materi ini. Tetap semangat belajar.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)