Materi Kelas 1 SD: Mengenal Satuan Waktu (Bagian 1)

18 Februari 2017 Tutorial Matematika


Dalam kehidupan sehari - hari, kita sering menemukan istilah - istilah jam, detik, menit, hari, bulan, dan tahun. Istilah tersebut merupakan satuan waktu dalam matematika. Masih banyak lagi satuan waktu dan setiap satuan waktu memiliki hubungan satu sama lain.

Membaca jam analog

Jam analog sering kita jumpai di berbagai tempat, seperti di rumah dan sekolah. Ciri - ciri dari jam analog adalah memiliki 3 jarum, jarum panjang, jarum pendek, dan jarum tipis. Jarum panjang untuk menuntukkan menit, jarum pendek menunjukkan jam, dan jarum tipis menunjukkan detik.

Jam analog memiliki angka 1 sampai 12. Tetapi kita biasanya mendengar waktu sampai angka 15 atau lebih, seperti jam 9 lewat 15 menit. Dari manakah angka 15 itu? Di artikel ini kita akan bahas perhitungannya.

Hal penting yang perlu kita ketahui adalah hubungan antara detik, menit dan jam.

  • Setiap 60 detik dihitung 1 menit. Setiap perpindahan jarum tipis ke angka berikutnya dihitung 5 detik. Untuk itu jarum tipis memerlukan 60 detik untuk bergerak dari angka 12 menuju kembali ke angka 12.
  • Setiap 60 menit dihitung 1 jam. Jika kita lihat pada jam, setiap perpindahan jarum panjang ke angka berikutnya dihitung 5 menit. Untuk itu jarum panjang memerlukan 60 menit untuk bergerak dari angka 12 menuju kembali ke angka 12.
  • Setiap 24 jam dihitung 1 hari. Untuk itu jarum pendek memerlukan 24 jam untuk bergerak dari angka 12 menuju kembali ke angka 12, lalu mengulanginya lagi sebanyak satu putaran.



Perlu diketahui bahwa setiap jarum bergerak menuju ke arah yang sama. Kita menyebut arah ini sebagai arah jarum jam. Pergerakan ini sesuai urutan angka - angkanya, jadi jam seolah-olah sedang berhitung dari angka 1 ke 12.

Perhatikan jam berikut ini:

Berapa waktu yang ditunjukkan jam di atas?


Pertama - tama kita lihat jarum pendek. Jarum pendek di jam tersebut menunjukkan angka 5. Jarum panjang menunjukkan angka 12. Sehingga jam tersebut menunjukkan pukul 5.00, atau dibaca pukul lima.

Bagaimana dengan jam dibawah ini? Berapa waktu yang ditunjukkannya?

Jarum pendek pada jam tersebut berada di antara angka 9 dan angka 8. Kita ambil angka yang paling kecil, yaitu angka 8. Jarum panjang menunjukkan angka 6. Dalam perhitungan matematika, setiap angka bernilai 5 menit, sehingga jika menunjukkan angka 6 sama dengan 30 menit (6 x 5 menit). Jadi, jam tersebut menunjukkan pukul 8.30, atau dibaca pukul delapan lewat tiga puluh menit. Bisa juga dibaca pukul setengah sembilan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)