Matematika Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan untuk Kelas 4 SD

29 Juni 2016 Tutorial Matematika


Di dalam mata pelajaran matematika untuk kelas 4, penjumlahan dan pengurangan pecahan dipelajari. Di dalam materi ini, dipelajari bagaimana cara menjumlahkan atau mengurangkan bilangan pecahan. Untuk menambah pemahaman, di sini dijelaskan rumus matematika dasar mengenai operasi hitung untuk bilangan pecahan. Di mulai dengan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan dengan penyebut sama, setelah itu akan diajarkan bagaimana cara menjumlahkan atau mengurangkan bilangan-bilangan pecahan yang memiliki penyebut berbeda.

Pada tiap-tiap pembahasan akan diberikan contoh-contoh soal serta pembahasan mengenai bagaimana cara menjawab soal tersebut. Di sini Anda bisa menemukan tips-tips yang bisa digunakan untuk menjawab soal-soal mengenai operasi hitung bilangan pecahan dalam matematika. Penasaran dengan materinya?

Penjumlahan Bilangan Pecahan
a. Penjumlahan bilangan pecahan biasa

Untuk menjumlahkan bilangan pecahan yang memiliki penyebut sama sangatlah mudah. Anda cukup menjumlahkan angka yang ada di bagian atas atau biasa dinamakan sebagai "pembilang".

Contoh penjumlahan pecahan berikut ini:

1/2 + 3/2 = 4/2

Sedangkan untuk menjumlahkan pecahan yang kedua penyebutnya berbeda maka diharus mengubah atau menyamakan penyebutnya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan bilangan pecahan tidak bisa dijumlahkan secara langsung apabila penyebutnya berbeda nilai.

Berikut contohnya:

1/5 + 2/3 = 3/15 + 10/15 = 13/15

Tips:
Pertama ubahlah terlebih dahulu pecahan tersebut agar penyebutnya menjadi sama yaitu dengan menggunakan kpk dari kedua penyebut itu. Seperti pada operasi hitung di atas kpk dari 3 dan 5 adalah 15.Apabila penyebut dikalikan dengan suatu bilangan maka pembilangnya pun harus dikalikan juga.

b. Penjumlahan pada bilangan pecahan campuran
Pecahan campuran merupakan perpaduan antara bilangan asli dan bilangan campuran. Operasi hitung pada bilangan pecahan campuran bisa dilakukan seperti ini:

Tips:
Ubahlah dahulu bilangan pecahan campuran menjadi pecahan biasa. Lalu ubah penyebutnya agar sama dengan menggunakan kpk dari kedua penyebut. Jumlahkan kedua pecahan. Hasilnya kemudian disederhanakan kembali menjadi pecahan campuran.

Pengurangan bilangan pecahan
a. Pengurangan bilangan pecahan biasa

Konsep pengurangan pada bilangan pecahan biasa sama saja seperti pada penjumlahan. Bila penyebutnya sama tinggal kita kurangkan saja angka yang ada di atas.

Contohnya:

9/6 - 2/6 = 7/6

Untuk bilangan pecahan yang penyebutnya berbeda pun sama, kita harus menyamakan penyebutnya dengan mencari kpk dari kedua bilangan penyebut itu.

Contohnya:

4/2 - 2/6 = 24/12 - 4/12 = 20/12

b. Pengurangan bilangan pecahan campuran
Caranya sama saja seperti pada penjumlahan pecahan campuran. Kita harus mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Lalu disamakan penyebutnya. Setelah dikurangkan, hasilnya disederhanakan.

Seperti contoh berikut ini:


Seperti itulah konsep operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan matematika SD kelas 4 . Diharapkan untukmemahami materi di atas dengan baik, sehingga nantinya mampu mengerjakan soal-soal tentang bilangan pecahan dengan mudah.

Berikut ini video pembelajaran dari penjumlahan dan pengurangan pecahan. Selamat Belajar!

-

-

Oleh: Josua M
(Dikutip dari Imam .Yulyarman, Bandung StudyClub dan berbagai sumber)