Yuukss Buat Terompet dari Botol Plastik untuk Tahun Baru

27 Desember 2012 Tutorial Lain-Lain


Tooeeeet.... Teeetttt.....Toooeeeettt...... bunyi apakah itu ? Oooh ternyata bunyi itu adalah suara terompet yang ditiup oleh banyak orang. Sebentar lagi kita akan meninggalkan tahun 2012 dan membuka lembaran baru pada Tahun Baru 2013. Nah saat kita merayakan Tahun Baru, pasti tidak ketinggalan dengan benda satu ini. Saat ini sudah banyak penjual terompet yang menawarkan aneka rupa dan warna terompet di pinggir jalan .

Namun tidak ada salahnya jika kita mencoba untuk berkreasi membuat terompet sendiri. Kita bisa membuat terompet dari benda yang masih bisa di gunakan dan cukup murah untuk mendapatkanya yaitu botol plastik bekas.Ya , botol plastik bekas yang tidak digunakan lagi dapat digunakan untuk membuat terompet yang cantik.

Cara membuatnya sangat mudah. Yuuks mari sekali - sekali membuat sendiri terompet tahun baru kita .

Untuk membuat terompet dari botol plastik ini, berikut ini adalah bahan-bahan yang harus dipersiapkan:

1. Botol plastik bekas minuman
2. Cutter atau silet
3. Gunting
4. Lakban atau selotip yang bening
5. Karet gelang
6. Balon karet tiup atau plastik lembaran

Setelah bahannya sudah dipersiapkan, inilah saatnya untuk langkah untuk membuat terompet dari botol plastik.


  1. Buka tutup botol dan potonglah botol pada bagian tengah hingga terpotong menjadi dua bagian
  2. Kemudian lubangi dasar botol dengan ukuran dua kali lebih besar dari luas mulut botol.
  3. Lalu masukkan mulut botol kedalam bagian botol yang telah diberi lubang pada dasarnya. masukkkan hingga mulut botol sejajar dengan bagian luar dasar botol yang pada nantinya sebagai alat untuk di tiup.
  4. Tutup lubang pada dasar botol dan mulut botol dengan lembaran pastik atau karet balon tiup. Catatan: untuk cara membuat terompet tahun baru dengan botol plastik lembaran plastik atau karet balon tiup harus menutupi menyentuh dengan rapat dasar botol dan mulut botol. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar terlampir.
  5. Setelah itu, ikat lembaran plastik atau karet balon tiup dengan karet gelang.
  6. Tutup rapat celah pada botol dengan lakban bening (boleh menggunakan lakban berwarna coklat tapi tampilannya pasti jelek). Karena bila ada celah maka pantulan getaran akan terganggu yang akhirnya mempengaruhi suara terompet.
  7. Terakhir agar lebih indah, hiasi terompet dengan kertas hias atau kertas berwarna untuk mempercantik terompet kreasimu.



Mudah bukan? Dengan memiliki ide kreatif, apapun bisa kita lakukan untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Selamat Mencoba dan Selamat Tahun Baru 2013.

Sumber: bahan-membuat.com
Tags