Yuk Simak Tutorial Buat Pembatas Buku Sendiri

17 November 2017 Tutorial Lain-Lain


Bagi para pembaca buku, bagian kecil seperti pembatas buku sangatlah penting untuk menandai sudah sampai mana kita membaca. Nah, tidak hanya sekadar itu, pembatas buku kini menjelma sebagai salah satu seni yang memiliki nilai tersendiri.

Beberapa buku memang mencantumkan pembatas buku pada setiap pembelian. Namun, ada beberapa juga yang tidak. Nah, dalam rubrik tutorial lain-lain ini kesekolah.com akan memberikan tutorial membuat sendiri pembatas buku dengan menggunakan teknik origami atau seni melipat dari Jepang.

Ingin tahu cara membuatnya? Yuk simak tutorialnya berikut ini:

Alat dan Bahan

Kertas origami atau bercorak
Solatip

Cara pembuatan:

Pertama lipat kertas origami menjadi dua dan potong dua bagian. Ambil salah satu bagian kertas yang telah dipotong. Setelah mendapatkan setengah dari kertas origami, lipat secara vertikal dan lipat kembali secara horizontal. Setelah itu, lipat kertas keatas dan lakukan hal yang sama pada sisi yang berseberangan. Hasilnya akan terlihat pada gambar nomor 4 membentuk segilima.


Kemudian kita fokus kebagian belakang segilima. Pada bagian atas dibelakang segilima, lipat menjadi 2 pada bagian atas. Setelah terlipat, untuk membuat bentuk hati, lipat kembali membentuk segitiga siku-siku pada kedia bagian dari atas segilima. Jika sudah, balik kembali ke bagian depan sehingga terlihatlah bentuk hati. Berikan solatip pada bagian dalam bentuk hati sehingga tidak akan terberai ketika diselipkan pada salah satu sisi buku. Anda juga bisa membuat dengan kerta yang warna atau corak yang lain.


Oleh: Josua M
(Dikutip dari howaboutorange.blogspot.com)