Yuk Membuat Lampu Rumah dari Bekas Kemasan Selai

28 Maret 2014 Tutorial Lain-Lain


Banyak cara untuk membuat rumah menjadi indah salah satunya dengan membuat dekorasi rumah. Dalam mendekorasi rumah pun juga memiliki cara-cara masing. Salah satunya dengan kreativitas. Kreativitas pun tidaklah harus dari mahalnya karya seni melainkan keindahan dan keunikan dari karya seni membuat sebuah benda bekas menjadi suatu karya yang indah.

Kali ini kita akan memanfaatkan kemasan bekas selai sebagai bahan utamanya. Sebenarnya kita akan membuat lampu dari kemasan selai. Nah, kita langsung saja melihat langkah-langkah dan persiapannya berikut ini.

Alat dan bahan


· Kertas kado yang memiliki warna yang cerah
· Lem putih
· Kemasan selai kaca
· Gunting
· Kuas
· Gelas kecil (untuk meletakan lem)

Cara pembuatan:


1. Guntinglah kertas kado dengan lebar sekitar 1 cm dan panjang kertas bisa disesuaikan dengan ukuran panjang kemasan selai. Buatlah sekitar 8 - 12 lembar kertas yang telah dipotong seperti pada gambar berikut. Jika sudah, kumpulkan untuk proses selanjutnya.


2. Sekarang ambil gelas kecil dan lem putihnya. Tuangkan lem ke dalam gelas kecil yang telah disiapkan. kemudian tambahkan sedikit air agar lem menjadi agak encer. Berikan air dengan perbandingan 1: 2 lalu diaduk dengan menggunakan kuas yang telah disediakan. Aduk hingga lem dan air menyatu dan rata.


3. Sekarang adalah pemberian lem pada kertas. Celupkan kertas yang dipotong kedalam gelas. Jika sudah terkena lem pada semua sisi kertas, angkat kertas ndengan tangan kemudian bersihkan sisa lem yang berlebih dengan menggunakan kuas hingga pemberian lem pas pada kertas.


4. Setelah itu, tempelkan kertas ke dalam kemasan selai. Posisinya gambar kertas berada dalam posisi depan. Gunakan kuas untuk menghilangkan gelembung dan angin pada kertas saat ditempelkan didalam kemasan selai. Susun secara rapi agar terlihat indah pada saat dinyalakan lampu didalah tabung.


5. Jika telah disusun rapi seperti pada gambar, diamkan selama beberapa jam supaya kertas dapat melekat pada dinding tabung. Sambil menunggu, anda dapat menyiapkan lampu kecil sebagai cahaya untuk dimasukan kedalam tabung.


6. Nah, jadilah tabung kaca yang bisa bersinar dan menemani anda tidur saat malam hari. Perlu diingat jangan menggunakan lilin sebagai cahayanya karena lilin dapat membakar kertas yang telah di lem.

Oleh: Albert S
(Disadur dari fellowfellow.com)