Yuk Manfaatkan Sampah Plastik Menjadi Pot Tanaman!

20 November 2019 Tutorial Lain-Lain


Semakin banyak kebutuhan manusia, semakin banyak juga sampah yang dihasilkan dari aktivitas sehari-hari. volume sampah yang tidak dapat dikontrol dapat mempengaruhi lingkungan disekitar kita seperti menjadi sarang penyakit dan hal - hal lainnya yang dapat mengganggu kesehatan banyak orang.

Barang yang berbahan plastik memang sukar untuk terurai menjadi alasan utama mengapa sampah plastik dapat mencemari lingkungan. Ada baiknya jika kita memanfaatkan kembali untuk menjaga lingkungan kita tetap asri. Seperti halnya botol dan Compact Disk (Piringan CD) yang seringkali tidak digunakan karena sudah rusak atau tidak lagi digunakan akan merusak lingkungan.

Yuk kita daur ulang menjadi sesuatu yang berguna dengan membuat berbagai karya seni seperti membuat pot tanaman. Bagaimana cara membuatnya? Yuk kita siapkan beberapa alat dan bahan seperti:

· Botol bekas minuman soda
· Piringan CD yang tidak terpakai
· Lem tembak
· Pulpen atau spidol
· Cutter
· Cat warna

Cara pembuatan:


1. Ambil spidol atau pulpen untuk membuat pola pot tanaman yang akan dibuat. tandai pada bagian sisi tengah botol dan bentuk gambar garis gelombang ke seluruh sisi botol. Setelah dibuat garis gelombang, potong dengan menggunakan cutter pada bagian yang telah ditandai. Setelah dipotong, ambil bagian yang memiliki tutup botol terlebih dahulu untuk ditempel dengan piringan CD yang telah disiapkan. gunakan lem tembak dan tempelkan tepat ditengah-tengah piringan CD. Diamkan beberapa saat hingga kuat merekat. Agar lebih menarik, Anda dapat menambahkan cat pada sisi luarnya. Terakhir, cobalah masukan tanah dan tanaman yang diinginkan. Selamat mencoba !

Oleh: Josua M
(Dikutip dari latesthandmade.com)