Yuk Manfaatkan Kotak Sepatu Bekas Menjadi Kotak Charger!

5 Februari 2014 Tutorial Lain-Lain


Pernah membeli sepatu baru? Ya, biasanya ketika membeli sepatu akan diberikan juga pelindung sepatu yakni kotak sepatu. Jika diperhatikan, banyak orang yang lebih membuang kemasan dari sepatu ini daripada menggunakan untuk mengemas barang yang lain. Sebenarnya kemasan berbahan karton ini bisa digunakan untuk menyimpan sesuatu.

Jika anda kreatif, mungkin anda dapat menggubah kemasan kota ini menjadi bahan yang unik dan bermanfaat bagi kita. Pernah mendengar kotak charger? Ya, kali ini kita akan membuat kotak charger dari kemasan sepatu ini. Memang kedengarannya aneh, namun jika kita tidak memanfaatkan barang yang tidak digunakan menjadi barang yang memiliki fungsi, kenapa tidak?

Untuk membuat kotak charger ini, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan seperti:

· Kemasan bekas sepatu
· Kertas pembungkus (kado/koran dengan warna bebas)
· Lem kertas
· Pisau X-acto
· Grommet besi berbentuk bulat

Setelah menyiapkan bahannya, yuk kita lihat cara pembuatanya berikut ini:


1. Tempatkan kotak sepatu di atas dan potong kertas kado secukupnya dan beri jarak kertas kado dengan kota sepatu agar dapat membungkus semua permukaaan pada kotak sepatu. Tambahkan juga beberapa jarak sekitar 2-3 cm. Agar lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut.


2. Rekatkan kertas pembungkus dengan menggunakan lem pada setiap sudutnya. Untuk langkah awal, rekatkan pada sisi yang lebih panjang. Kemudian ulangi pada setiap sudut pada kotak sepatu. Dalam mengelem sudut usahakan kertas tidak bergelombang saat kering karena kertas bergelombang membuat lem merekat tidak maksimal.


3. Setelah semua sudut telah selesai di lem, kini saatnya untuk pengeleman pada bidang datar pada kotak sepatu. Meskipun bisa dikatakan mudah, namun perlu diperhatikan juga dalam penggunaan lemnya. Gunakan secukupnya saja agar kertas pembungkus tidak menguap dan bergelombang. Anda dapat mengunakan kain untuk mengusap permukaan bidang kotak agar lapisan kotak sepatu tidak memiliki angin.


4. Tempatkan kotak sepatu pada posisinya kemudian kertas yang lebih pada kertas pembungkus lipat ke dalam kotak sepatu dan jangan lupa untuk memberi lem untuk merekatkan kertas. Beri lem pada karton pada kotak sepatu agar kertas tidak bergelombang pada saat pengelememan.


5. Nah, jika sudah maka langkah membungkus kotak sepatu dengan kertas pembungkus telah selesai dilakukan. Jika sudah ambil Grommet besi yang telah disiapkan. Kemudian sesuaikan ukuran lingkaran dari grommet besinya dengan menggunakan pensil atau alat tulis lainnya. Untuk jumlah lubang bisa disesuaikan dengan keinginan. Disini, kita akan membuat 3 lubang.


6. Jika sudah menentukan dan membuat lubangnya, ambil pisau X-acto - nya untuk membuat ke 3 lubang tersebut. Mungkin agak sulit dalam proses pemotongan lubang tersebut. Agar lebih mudah untuk dipotong, anda dapat menggunakan grommet besinya sebagai penadah bentuk ketika akan dipotong.


7. Jika sudah, maka hasilnya bisa dilihat seperti pada gambar berikut. Agar lebih rapi, anda dapat membersihkan pinggiran lubang yang telah dibuat. lakukan langkah ke 6 tadi pada lubang pada kotak sepatu yang belum dipotong.


8. Kemudian langkah terakhir, rekatkan grommet besi ke masing-masing lubang yang telah dipotong. Agar lebih kuat melekatnya, gunakan lem panas namun gunakan secukupnya saja agar permukaan kotak tidak hancur akibat panasnya lem. Beri lem panas pada grommet besinya bukan pada kotal sepatu. Jika sudah, diamkan beberapa menit dan kotak sepatu kini telah menjadi kotak charger yang bisa digunakan.

Dikutip dari everydayfamily.com