Yuk Manfaatkan Kardus Menjadi Tas Cantik dari Kardus!

27 Mei 2019 Tutorial Lain-Lain


Pernahkah anda memanfaatkan kardus sebagai barang yang bisa di gunakan kembali? Ya, seperti yang kita ketahui kardus merupakan bahan pelindung atau pengemas pada suatu produk yang didistribusi dari produsen sampai ke konsumen. Kardus terbuat dari kertas yang mudah rusak. Selain sebagai bahan pengemas produk, banyak orang menggunakan kardus sebagai tempat untuk pelindung benda-benda lain seperti baju, aksesori dalam jumlah banyak, benda yang tajam dan keras dan benda lain yang bersifat berat.

Sebagian besar orang akan membuang kardus apabila sudah tidak digunakan lagi. padahal kardus jika bisa dimanfaatkan secara optimal maka kardus akan bisa menjadi nilai seni yang indah dan bahkan bisa menjadi nilai jual juga seperti halnya Tas dari kardus. Seperti apakah cara membuatnya? Yuk kita simak bersama proses pembuatannya.

Untuk mendaur ulang kardus menjadi benda yang bermanfaat seperti tas kardus ada beberapa alat dan bahan yang perlu disiapkan seperti:

· Kardus bekas
· Tali raffia
· Plastik transparan putih
· Kertas kado (corak bebas)
· Jarum kasur
· Lem
· Gunting
· Tali untuk pegangan tas

Nah apabila sudah disiapkan, silahkan ikuti tutorialnya berikut ini.

1. Ambil gunting dan gunting kardus sesuai dengan kebutuhan seperti contoh membuat tas kardus dengan bentuk persegi panjang.

2. Setelah digunting, lapisi kardus dengan kertas kado di dinding kardus bagian luar sampai rapi.

3. Setelah dibungkus dengan kertas kado, ambil plastik transparan putih dan bungkus kardus yang di lapisi kertas kado untuk menguatkan warna dan lebih tahan lama.

4. Kemudian jahit seluruh sisi luar kardus dengan menggunakan tali raffia dan jarum kasur agar lebih kuat dan tidak mudah robek.

5. Lalu jika seluruh sisi telah dijahit, masing-masing sisi dijadikan satu cara dengan dijahit juga.

6. Dan terakhir, beri lubang pada kedua sisi tengah yang berseberangan untuk pegangan tas.

7. Jadilah tas cantik dari kardus karya buah tangan anda sendiri.

Nah, dengan memanfaatkan benda yang tidak digunakan lagi, anda telah menyelamatkan lingkungan disekitarnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari pondokibu.com)