Yuk Daur Ulang Styrofoam Menjadi Rak Tempel!

27 Juni 2014 Tutorial Lain-Lain


Pasti anda tidak asing dengan styrofoam. Seringkali styrofoam digunakan sebagai tempat makanan. Seperti halnya pada makanan yang dijual sekitar rumah contoh bubur ayam, gado-gado dan lainnya. Penggunaan styrofoam kian lama makin tak terkendali dan akibatnya akan menumpuk menjadi sampah.

Styrofoam sendiri merupakan jenis bahan yang tidak bisa hancur secara alami. Oleh karena itu, kita sebagai penghuni bumi wajib menjaga kelestarian alam. Salah satu contoh menjaga kelestarian alam adalah dengan mendaur ulang sampah yang masih bisa digunakan. Disini kita akan mendaur ulang styrofoam menjadi benda kreatif yang bisa kita gunakan. Kita akan membuatnya menjadi sebuah rak. Bagaimana pembuatannya? Yuk kita simak berikut ini.

Alat & bahan

· Styrofoam berbentuk nampan (bisa juga styrofoam pada bungkus makanan)
· Koran bekas
· Lem kertas
· Cat dan kuas
· Jarum pentul

Cara pembuatan:


1. Pertama, siapkan styrofoam berbentuk nampan. Jika tidak ada, bisa mengambil pada strofoam yang biasa digunakan untuk membungkus makanan. Potong salah satu bagiannya hingga terlihat seperti nampan pada gambar berikut. Jika sudah, nampan yang telah disiapkan potong menjadi 2 bagian seperti pada gambar berikut. Buatlah sesuai dengan kebutuhan. Pada gambar kita akan membuat 10 rak styrofoam. Terdiri dari ½ styrofoam ada 10 dan 10 styrofoam yang utuh.


2. Setelah itu, bungkus semua styrofoam yang dipotong ½ dan styrofoam tersebut dengan menggunakan koran bekas. Ini berguna agar menjaga kekuatan styrofoam ketika diletakan barang nantinya. Agar lebih kuat, bisa direkatkan koran dengan menggunakan lem agar kertas koran menutup rapi pada styrofoam.


3. Jika sudah, tunggu hingga kering terlebih dahulu mengingat kertas koran mudah robek apabila sedang lembab. Apabila telah merekat, ambil 1 potong utuh styrofoam dan ½ potong styrofoam yang telah direkatkan dengan kertas. Untuk lebih berwarna anda dapat melapisi kembali dengan karton berwarna. Untuk letak pengelemannya bisa dilihat pada gambar berikut.


4. Apabila sudah lapisi karton, sekarang satukan kedua karton tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar berikut untuk pengelemannya. Nantinya akan terbentuk seperti kantong. Anda dapat melakukan hal yang sama sesuai jumlah styrofoam yang telah dibuat.


5. Jika semua telah terbentuk seperti kantong, sekarang anda dapat menyusunnya sesuai dengan kreasi anda. Bisa di tempel di tembok kamar atau bisa ditempel di bord seperti pada gambar berikut. Apabila ditempelkan di bord, anda dapat menggunakan jarum pentul untuk menyatukan styrofoam kantong dengan bord.

6. Jika anda memilih menggunakan bord, bawa bord tersebut dan tempelkan ke tembok dengan menggunakan paku agar menggantung. Nah, jadilah rak dari styrofoam!

Oleh: Albert S
(Disadur dari icreativeideas.com)