Yuk Buat Kartu Valentine Unik Ini

12 Februari 2013 Tutorial Lain-Lain


Sebentar lagi akan ada hari Valentine. Valentine identik dengan cokelat. Selain memberikan cokelat, biasanya di selipkan dengan kartu ucapan Valentine untuk mengungkapkan perasaan kepada orang yang disayangi. Bentuk kartu valentine sangat bervariasi. Kita dapat membelinya dengan mudah karena mejelang hari kasih sayang ini pasti banyak yang akan menjual. Tetapi tidak ada salah jika kita sekali-sekali membuat sendiri. Hanya diperlukan sedikit kreativitas untuk membuatnya. Trik berikut ini dapat dijadikan untuk membuat sendiri kartu valentine yang unik yaitu kartu ucapan pop-up.

Kartu ucapan pop up adalah kartu ucapan yang apabila dibuka akan memunculkan suatu objek timbul (tiga dimensi). Apabila kartu pop up ditutup, maka secara tiba-tiba objek yang muncul tadi hilang tenggelam di dalam lipatan kartu. Kartu pop up ada yang dibuka secara horizontal dan ada pula yang dibuka secara vertikal.
Karena demikian menariknya kartu pop up, maka kartu ini tidak hanya digunakan sebagai kartu ucapan saja tetapi juga bisa digunakan sebagai hiasan atau bahan edukasi bagi anak-anak.

Penasaran dengan cara pembuatanya? Yuk.. simak dibawah ini.

Bahan yang harus dipersiapkan:

· Kertas karton ukuran A4 dengan berbagai warna (sesuai keinginan)

· Gunting

· Pensil

· Perekat

1. Lipat dua pada kertas A4 dengan warna yang diinginkan yang akan dijadikan warna hati pada

2. Kartu valentine mu seperti contoh warna putih. Tapi anda bisa menggantinya dengan warna yang disuka.

3. Gambarlah gambar hati pada kertas yang dibagi 2 tersebut dengan menggunakan pensil seperti gambar di bawah ini


4. Guntinglah gambar hati yang dibuat. Setelah digunting gambar 3 hati tersebut, lipatlah bagian tengah pada bentuk hati yang besar.


5. Sekarang, ambil kertas A4 berwarna yang akan jadikan sebagai kartu valentine sesuai dengan warna kesukaan anda seperti contoh merah. Jika sudah tentukan warna kertas yang nantinya sebagai kartu valentine, lipat 2 bagian pada kertas tersebut.


6. Letakan bentuk hati yang telah dibuat namun bagian yang kecil dengan sama rata tengah seperti gambar ini.jika sudah pas, tandai dengan mengunakan pensil dan gambar bentuk 2 hatinya.ini akan menjadi acuan untuk menyatukan bentuk hati dengan kartu valentinenya


7. Rekatkan dengan mengunakan lem pada bagian yang sudah ditandai namun tidak perlu direkatkan pada bagian tengah di kartu valentinenya.


8. Setelah dibuat, bubuhkan tulisan dengan mengunakan pena atau alat tulis lain di kartu tersebut sebagai ungkapan. Nah.. dengan demikian anda telah membuat kartu valentine buatan anda sendiri tanpa harus membeli. Happy Valentine !!