Yuk Buat Cover Notebook

3 Juni 2019 Tutorial Lain-Lain


Kebanyakan majalah menampilkan isi berupa kertas dengan gambar warna dari berbagai iklan yang sangat menarik. Nah warna warni dari kertas majalah inilah yang kali ini akan dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tangan dari kertas. Majalah bekas yang bertumpuk tidak terpakaipun bisa kita manfaatkan untuk menjadi sesuatu yang berguna.

Ya seperti yang sudah disebutkan di atas, kali ini kita akan membuat sebuah kerajinan tangan sederhana dan mudah sekali menggunakan bahan kertas bekas majalah. Berikut ini cara membuat kerajinan tangan dari kertas berupa sampul notebook.

Untuk mempraktekkan cara membuat kerajinan tangan dari kertas ini, kita membutuhkan beberapa bahan seperti:

  1. Sebuah notebook dengan sampul polos.
  2. Majalah bekas.
  3. Gunting.
  4. Lem.
  5. Pelapis cat.


Berikut ini urutan cara membuat kerajinan tangan dari kertas berupa sampul notebook buatan sendiri:

  1. Ambil beberapa lembar kertas majalah. Pilihlah yang memiliki gambar-gambar unik, basanya bagian iklan mempunyai kombinasi warna yang bagus.
  2. Potong menggunakan gunting kertas-kertas majalah tersebut membentuk segitiga dengan ukuran sedang.
  3. Tempelkan potongan-potongan kertas majalah berbentuk segitiga tersebut dengan menggunakan lem pada permukaan kertas sampul notebook. Tempelkan dan susun dengan serapi mungkin sampai seluruh permukaan sampul notebook tertutup dengan kertas majalah.
  4. Setelah semua permukaan tertutup potongan kertas majalah, lapisi permukaan kertas dengan pelapis bening. Bisa menggunakan cat semprot bening, atau semacam pernis. Gunanya adalah untuk mencegah ujung-ujung potongan kertas segitiga mengelupas.
  5. Biarkan kering sejenak.


Sampul notebook dari kertas majalah bekas buatan sendiri pun sudah jadi. Sangat mudah dan sederhana bukan cara membuat kerajinan tangan dari kertas yang satu ini?

Nah, dari sini anda masih bisa mengkreasikan lagi dengan cara membuat bentuk kreasi lainnya. Misalnya dengan menggunakan bentuk potongan kertas yang berbeda seperti kotak, atau persegi panjang, atau lainnya.

Silahkan mencoba!

Oleh: Josua M
(Dikutip dari kerajinantanganx.blogspot.com)