Yuk Berkreasi Membuat Pita Cantik dari Kain Bekas

27 Mei 2014 Tutorial Lain-Lain


Mungkin Anda pernah melihat berbagai model dan jenis pita-pita kain yang tersebar di berbagai tempat. Jika dilihat dari bentuknya, pita kain banyak disenangi oleh orang terutama untuk kaum hawa karena selain menambah kecantikan juga memiliki keunikan bagi yang memakainya. Anda tidaklah perlu mengeluarkan biaya untuk memiliki pita kain karena dengan kain bekas, kita pun juga bisa menciptakan pita kain sendiri.

Kain yang digunakan untuk pembuatan pita bisa disesuaikan dengan keinginan. Nah, bagaimana? Ingin tahu cara dan hasilnya seperti apa? Langsung saja simak cara pembuatannya. Anda dapat mempersiapkan alat dan bahannya seperti:

· Klise untuk pembuatan pita bisa diunduh di sini
· Gunting
· Mesin jahit
· Kain bekas dengan motif / warna bebas

Cara pembuatan:


1. Cetak klise yang telah diunduh, kemudian guntinglah sesuai dengan klise. Ambil kain yang telah dipilih dan potong sesuai dengan bentuk klise. Buatlah 2 potong kain yang berbentuk seperti tulang. Maka, hasilnya akan terlihat seperti pada gambar berikut.


2. Setelah itu, satukan kain dan jahit. Namun perlu diperhatikan, untuk bagian tengah jangan dijahit karena nantinya akan diberi ruang untuk mengikatkan pita. Beri ruang untuk bagian tengahnya sekitar 3 cm. agar lebih rapi pada penjahitan sebaiknya anda dapat menggunakan mesin jahit.


3. Setelah sudah dijahit, sekarang anda dapat memotong tepi pada kain yang telah dijahit. Namun perlu diperhatikan potong pada sisi tepi saja dan bukan pada arah bekas jahitan. Untuk hasil yang lebih rapi, anda dapat menandainya dengan pensil atau pulpen dengan batas 1.5 cm dan potong mengikuti tanda yang telah dibuat.


4. Setelah dipotong pada 2 bagian kain, saatnya untuk menjahit kedua kain menjadi 1 bagian. Gunakan mesin jahit agar lebih kencang dan kuat untuk penyatuannya. Hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut.


5. Terakhir, buatlah ikatan untuk pita pada bagian tengahnya untuk mempercantik pita yang telah dibuat. anda dapat membuatnya lagi dengan ukuran yang lebih besar dan kain dengan motif yang berbeda-beda. Nah, anda dapat menggunakannya di banto anda atau bisa digunakan pada adik kecil dall.

Oleh: Albert S
(Disadur dari craftaholicsanonymous.net)