Tutorial Perawatan Rambut Hairmask Secara Alami

18 Desember 2017 Tutorial Lain-Lain


Menjelang liburan pasti kita sudah punya banyak perencanaan untuk pergi ke pusat hiburan atau berkumpul dengan keluarga atau teman-teman. Jangan lupa dengan hal yang satu ini.

Tidak berlebihan rasanya jika orang-orang berkata bahwa rambut adalah mahkota. Layaknya mahkota, rambut juga adalah kebanggan. Penampilan seseorang bisa saja dinilai dari kesehatan rambutnya. Karena itu jangan sepelekan perawatan rambut Anda, khususnya bagi Anda wanita. Rambut bisa melengkapi penampilan Anda dan sebaliknya, bisa merusak tampilan total. Karena itu, hati-hati jika berurusan dengan rambut. Salah satu cara untuk membuat rambuat tampilan rambut Anda maksimal adalah dengan rajin menggunakan masker rambut.

Berikut ini beberapa tutorial memakai masker dengan cara alami sesuai kondisi rambut Anda.

Hairmask untuk rambut kering:

Rambut kering membutuhkan banyak pelembab agar mudah diatur dan sehat.

Bahan:

- 1 buah pisang 3

- sdm mayonnaise tawar

- 1 sdt minyak zaitun

Cara mengaplikasikan:

1. Ramuan dicampur menjadi satu dan dihaluskan, kemudian oleskan pada rambut kering. Jangan sampai terkena kulit kepala, karena akar rambut akan rusak

2. Ratakan keseluruh rambut, kemudian rambut dibungkus dengan handuk hangat. Pastikan handuk tetap hangat selama 20 menit agar ramuan menyerap ke dalam rambut.

3. Kemudian bilas rambut dengan air hangat, cuci rambut dengan shampoo. Setelah itu oleskan conditioner pada permukaan rambut. Bilas rambut sampai bersih.

Hairmask untuk rambut berminyak:

Untuk rambut berminyak meski produksi minyak berlebih namun cara perawatannya sangatlah mudah asal dilakukan dengan tepat.

Bahan:

- 2 sdm yogurt plain

- 1 sdm jeruk nipis

Cara mengaplikasikan:

1. Oleskan ramuan di atas ke seluruh batang rambut, namun jangan sampai mengenai kulit kepala.

2. Tunggu selama 10 menit kemudian bilas rambut dengan air dingin.

3. Cuci rambut dengan shampo dan oleskan conditioner setelahnya. Bilas sampai bersih.

Hairmask untuk rambut rontok:

Creambath tidak bagus untuk rambut rontok, karena akan semakin merusak akar rambut. Sebaiknya perawatan rambut rontok menggunakan masker atau hair spa.

Bahan:

- 2 sdt minyak sayur

- 10 tetes ylang-ylang (aromatherapy)

Cara mengaplikasikan:

1. Dengan ramuan diatas, pijat rambut pada bagian batangnya, namun hati-hati dalam pemijatan terutama saat menarik rambut jangan terlalu kencang.

2. Kemudian rambut didiamkan selama 15 menit. Cuci rambut seperti keramas, olesi ujung rambut dengan conditioner agar tidak kering, bercabang dan sehat.

Hairmask untuk rambut berketombe:

Masker juga bisa diaplikasikan pada rambut berketombe, tujuannya agar rambut tetap sehat dan mengurangi kadar ketombe yang ada.


Bahan:

- 2 sdt minyak sayur

- 10 tetes tea tree (aromatherapy)

Cara mengaplikasikan:

1. Pijatkan ramuan ke seluruh permukaan batang rambut, jika mengalami ketombe parah, sebaiknya oleskan ramuan ke kulit kepala dan pijatkan.

2. Bungkus rambut yang telah diolesi ramuan selama 15 menit dengan handuk hangat, kemudian bilas dengan air dan cuci dengan shampo.

Selamat Mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari carapedia.com)