Topi Penyihir dari Paper Plate

3 Februari 2015 Tutorial Lain-Lain


Tidak hanya sebagai tempat makan, paper plate juga dapat digunakan sebagai bahan dalam menunjang kreativitas. Biasanya paper plate ini merupakan barang yang sekali dipakai. Nah dapat dibayangkan semua orang menggunakan paper plate. Oleh karena itu kita harus memanfaatkan barang bekas menjadi barang yang bermanfaat dan memiliki keunikan.

Pernah melihat penyihir dalam cerita fiksi? Ya, penyihir selalu menggunakan topi yang berbentuk kerucut dan berwarna hitam. Kita akan membuat topi penyihir dari paper plate. Untuk pembuatan kita harus menyiapkan alat dan bahannya seperti:

· 2 paper plate
· Cat berwarna hitam
· Kain flanel berwarna hitam
· Kain flanel berwarna ungu
· Gunting
· Staples
· Lem tembak

Cara pembuatan:


1. Ambil 2 paper plate dan cat hitam. proses yang dilakukan adalam pemberian warna pada paper plates. Untuk pemberian warna haruslah memiliki ketebalan yang sama. oleh karena itu, Anda dapat memberi warna secara perlahan. Apabila sudah diberikan warna, diamkan beberapa saat hingga warna hitam pada paper plates merata.


2. Setelah kering, ambil salah satu paper plate yang telah diwarnai hitam. lipat membentuk bentuk kerucut dan pada ujung lipatan, sambungkan dengan staples agar bentuk kerucut tidak mudah lepas. Supaya yakin agar tidak terlepas, bisa menambahkan beberapa staples pada ujung paper plate.


3. Setelah itu kita akan membuat hiasan topi dengan memasangkan kain flanel. Caranya gunting kain flanel membentuk persegi panjang dan kain flanel hitam berbentuk persegi. Untuk ukuran bisa disesuaikan dengan ukuran topi. Untuk kain flanel hitam, potong membentuk persegi pada bagian tengah sehingga jika digabungkan akan membentuk seperti ikat pinggang.


4. Setelah itu, sesuaikan dengan kerucut yang di staples tadi. Tempatkan hiasan flanel topi pada bagian dasar kerucut. Jika sudah pas, rekatkan dengan menggunakan lem agar tidak mudah lepas ketika dipakai.


5. Terakhir, gabungkan keduanya dengan lem tembak. Caranya letakan kerucut diatas paper plate yang datar. Setelah itu berikan lem pada mulut kerucut dan juga bagian tengah paper plate. Jika sudah diberikan lem, diamkan hingga beberapa saat sampai mengering. Nah, jadilah topi penyihir sebagai penghias rumah.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari kidsactivitiesblog.com)