Tips untuk Mengenalkan Color Art pada Anak

10 Januari 2018 Tutorial Lain-Lain


Suasana bermain yang menyenangkan penting untuk membangun keingian anak untuk belajar dan bereksplorasi. Mengenalkan dan mengajarkan warna pada si kecil sebaiknya dilakukan secara bertahap. Kemampuan si kecil dalam menerima suatu informasi baru masih sangat terbatas. Walaupun hal ini akan berkembang sejalan dengan usianya, namun pemberian informasi secara bertahap dalapat membantu pemahaman yang lebih mendalam.

Anda dapat melihat juga pada link artikel berikut ini, mengenai Manfaat Mewarnai & Menggambar bagi anak:
http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/pendidikan/manfaat-mewarnai-dan-menggambar-bagi-si-kecil.html

Warna banyak memberikan pengaruh positif dan memotivasi anak untuk beraktifitas dan kreatif, namun semua itu tidak terlepas dari pemilihan bahan pewarna. Banyak pewarna yang beredar di pasaran yang mengandung toxic (racun) yang sangat berbahaya bahkan disinyalir dapat menyebabkan autisme. Karena itu sebagai pengelola pendidikan kita harus teliti dalam memilih pewarna.

Untuk pewarna ruangan dan alat permainan bisa dipilih pewarna/cat yang tidak mengandung toxic yang biasanya tertulis di label kalengnya. Sedangkan untuk pewarna stempel atau finger painting sebaiknya dipilih pewarna makanan atau pewarna alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan misalnya kunyit, pacar, blau, daun pandan suji , arang dan lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tips menggambar / melukis untuk anak usia preschool dengan beberapa media yang berbeda, semua menggunakan barang bekas yang masih bisa dipakai:

1. Menggunakan Kotak Tisu Bekas.


Yang harus disiapkan: Cat Air, Kertas, Kotak Tisu Bekas & Piring kertas untuk alas.
Cara mengaplikasikan cukup mudah, pertama kali yang dilakukan adalah menuangkan cat air sesuai dengan warna kesukaan mereka diatas piring kertas. Lalu gunakan kotak tisu untuk mencetak hasil campuran warna tadi diatas kertas. Dan hasilnya cukup menarik. Berbentuk kotak dan tentunya anak-anak akan sangat menyukai hasil karya mereka sendiri.

2. Menggunakan Piring Kertas Yang Sudah Tidak Terpakai.


Yang harus disiapkan: Cat Air, Kertas, Piring Kertas Yang Sudah Tidak Terpakai & Piring kertas untuk alas.
Cara mengaplikasikan adalah, pertama kali yang dilakukan yaitu menuangkan cat air sesuai dengan warna kesukaan mereka diatas piring kertas. Lalu mencetak hasil campuran warna tadi diatas kertas dengan cara memutarkan tangan searah jarum jam atau sebaliknya. Sebaiknya jangan sampai bergeser agar bentuknya tetap bulat. Dan lihatlah hasilnya menarik sekali untuk mereka perlihatkan kepada teman atau kepada orang tua mereka.

3. Menggunakan Botol Bekas & Garpu Plastik.


Yang harus disiapkan: Cat Air, Kertas, Botol Bekas (dengan bentuk bawahnya seperti contoh digambar), garpu plastic bekas & Beberapa Piring kertas untuk wadah cat air.
Cara mengaplikasikan cukup mudah, pertama kali yang dilakukan adalah menuangkan cat air 1 jenis warna diatas piring kertas, pisahkan beberapa warna. Lalu gunakan garpu untuk menggambar rumput atau membuat matahari dan ujung botol bekas untuk menggambar bunga diatas kertas. Biarkan anak-anak berkreasi dengan warna-warna kesukaan mereka. Dan hasilnya akan banyak sekali variasi warna cantik yang akan mereka ciptakan.

Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)