Tips Membuat Bingkai Foto Lucu dari Kain Flanel

9 Juli 2015 Tutorial Lain-Lain


Foto merupakan secarik kertas yang berisikan gambar diri kita yang diabadikan dalam sebuah momen tertentu. Dengan adanya Foto maka kita semua bisa mengingat dan mengenang momen-momen yang telah terjadi. Biasanya momen-momen yang sering diabadikan yakni momen spesial seperti pernikahan, ulang tahun dan yang lainnya ditempelkan dalam bingkai. Namun, sebenarnya tanpa membeli pun kita bisa mendapatkan bingkai foto yang lucu dengan buatan sendiri. Mau tahu bagaimana cara membuat bingkai foto yang unik, lucu dan murah dari kain flanel? Siapkan dulu bahan-bahannya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan.
* Kertas karton
* Jarum dan benang
* Gunting
* Pinsil, penghapus dan penggaris
* Lem kain
* Tusuk feston
* Mika
* Sendok es krim
* Kain flanel


Cara membuat pigura foto cantik:
1. Siapkan karton, buat pola pigura diatasnya. Bentuk bervariasi, boleh kotak, lingkaran, dll. Untuk contoh kita membuat bentuk kotak. Buat dua buah kotak yang sama ukurannya, satu bagian belakang dan satu lagi bagian depan tempat foto dipasang. Lalu gunting.
2. Gunting kain flanel sebanyak 4 buah mengikuti pola dikarton(dua untuk kotak yang utuh dan dua lagi untuk kotak yang berlubang).


3. Tempelkan pola flanel berlubang di kedua sisi karton kotak berlubang, lalu jahit dengan jarum tangan menggunakan tusuk feston.
4. Gunting mika sesuai pola, lalu rekatkan dibagian karton kotak berlubang, fungsinya sebagai kaca (pelindung foto dari debu dan air)


5. Selipkan foto dibalik mika, lalu tempelkan kedua pola karton yang telah dilapisi flanel, sehingga foto kini berada ditengah. Lem pinggirannya lalu jahit agar kuat.


6. Untuk hiasannya bisa dibuat dari kain flanel. Caranya memola bentuk yang kita inginkan, lalu gunting dan lem disekitar bingkai.
7. Berikan benang jika ingin digantung atau stik es krim sebagi cagak pigura.

Jadilah pigura yang unik dan lucu buatan Anda. Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)