Teropong dari Karton

25 Agustus 2015 Tutorial Lain-Lain


Kemasan bekas yang sering kita jumpai daripada dibuang sia-sia lebih baik diubah menjadi barang yang memiliki kegunaan lain. Salah satunya adalah karton tabung yang sering kita jumpai pada kemasan tisu toilet. Karton tabung memiliki daya tahan yang kuat sehingga tidak heran jika ada beberapa orang menggunakan karton tabung untuk berbagai hal dalam membuat kreativitas. Salah satunya adalah membuat teropong dari karton tabung ini.


Untuk membuatnya cukup mudah kok karena alat dan bahannya masih bisa dikatakan mudah dijangkau. Agar tidak penasaran, yuk kita siapkan alat dan bahannya seperti:

· Karton tabung 2
· Lakban hitam
· Tali
· Gunting
· Lem kertas

Cara pembuatan:

1. Ambil 2 karton tabung yang telah disediakan, setelah itu potong beberapa bagian dari karton untuk menyambungkan kedua karton tersebut. setelah diperkirakan, satukan dengan menggunakan lem dan diamkan beberapa saat hingga mengering. Setelah tersambung, ambil lakban yang telah disediakan dan pasangkan pada bagian mulut tabung secara rapi. Setelah diberi lakban, supaya rapi pada bagian dalam, bisa digunting terlebih dahulu pada lakban. Lakukan langkah ini juga pada bagian mulut tabung lainnya. Gunanya untuk menghindari pinggiran yang tajam pada mulut tabung.


2. Apabila sudah memberikan lakban pada semua mulut tabung karton, sekarang kita akan membuat gantungan dari teropong. Caranya pada bagian sisi dari tabung yang saling berlawanan diberikan lubang dengan menggunakan gunting. Setelah itu, masukan tali dan buat ikat mati pada tali pada kedua sisi tabung. Setelah memberikan tali, kita bisa menghias teropong buatan kita dengan memberikan solatip berwarna pada bagian teropong. Jadilah teropong dari karton

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari mollymoocrafts.com)