Teratai dari Kemasan Plastik

6 April 2014 Tutorial Lain-Lain


Tidak bisa dipungkiri jika manusia modern saat ini secara tidak langsung menumpuk sampah dimana-mana. Seiring dengan kebutuhan setiap orang yang harus dipenuhi, tentulah semakin bertambah banyaknya volume sampah di berbagai kota dan daerah. Mengingat peningkatan sampah yang terbilang tidak dapat terkendali, ada beberapa orang yang dapat mengubah sampah dan barang bekas menjadi suatu benda yang bisa digunakan.

Salah satu untuk mengolah barang bekas ialah dengan kreativitas. Dengan kita memiliki kreativitas, maka kita akan menciptakan sebuah karya seni. Seperti contohnya saja sampah berbahan Polietilena. Kemasan ini bisa ditemukan pada kemasan produk cair seperti shampo, botol susu instan dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kita akan membuatnya menjadi bunga teratai. Ingin tahu seperti apa pembuatannya? Yuk kita lihat alat dan bahan yang harus disiapkan.

Alat dan bahan:

· Kemasan cair dari bahan Polietilena berwarna putih
· Gunting / cutter
· Lem panas
· Kertas (untuk klise pembuatan daunnya)
· Lilin yang besar

Cara pembuatan:


1. Pertama- tama buatlah klise atau tiruan agar mudah ketika menggunting bahannya. Pada pembuatan bunga teratai ini, ada 3 macam kelopak bunga yakni pada bagian atas dengan kelopak terkecil, lalu yang sedang dan terakhir kelopak yang besar. Siapkan 8 lembar untuk kelopak kecil dengan panjang 5,5 cm, 6 lembar kelopak ukuran sedang dengan panjang 7 cm dan 6 kelopak besar dengan ukuran 10 cm.


2. Setelah membuat tiruannya, sekarang anda dapat mengambil kemasan yang telah disiapkan untuk membuat bunga teratai dan potong sesuai dengan tiruan yang telah dibuat. untuk kelopak yang kecil, buatlah lebih runcing seperti pada gamabr berikut. Jika sudah, buatlah lingkaran dengan diameter yang lilin.


3. Setelah pembuatan kelopak kecil, sekarang lakukan sisanya yaitu kelopak dengan ukuran sedang dan besar. Buatlah seperti klise yang telah dibuat. setelah itu, lipat pada bagian bawahnya agar terlihat lebih mengembang seperti pada gambar berikut. Berbeda dengan kelopak kecil. Kelopak sedang dan besar lebih mirip dari bentuknya.


4. Saatnya untuk proses pengeleman kelopak bunga. Pertama-tama tempelkan kelopan kecil terlebih dahulu. Agar lebih kuat, gunakanlah lem panas namun sedikit saja penggunaanya karena plastik kurang kuat dengan panas. Caranya ambil lingkaran yang telah dibuat dan tempel di sekeliling lingkaran dengan kelopak kecil. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar berikut.


5. Apabila sudah selesai dengan kelopak kecilnya, tempelkan lagi pada ukuran kelopak yang sedang sampai pada ukuran besar kelopak. Sebelum di lem, kelopak harus terlebih dahulu dilipat bawahnya agar kelihatan mengembang. Jika sudah, lakukan hal yang sama pada kelopak dengan ukuran yang besar.


6. Jika sudah semua, sekarang balik bunga teratainya hingga seperti pada gambar berikut ini. Tambahkan lilin yang telah disiapkan dan nyalakan. Indah bukan hasil karyanya? Untuk memperindah bunga, anda dapat menambahkan warna yang diinginkan.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari blissbloomblog.com)
Tags