Tabung Karton Bekas Bisa Disulap Jadi Tempat Alat Tulis Lho...

16 Desember 2013 Tutorial Lain-Lain


Saat ini seiring dengan perkembangan industri, makin banyak limbah-limbah hasil suatu produk membuat volume sampai meningkat. Tidak terkecuali limbah kertas. Banyaknya permintaan kertas yang tinggi membuat pemakaian kayu tidak terbendung lagi. Seperti contohnya saja kertas karton pada tisu toilet, kemasan pada Kok bulutangkis, aluminium foil dan kemasan karton berbentuk tabung lainnya.

Dengan limbah karton ini, kita juga bisa membuat bentuk karya seni yang berfungsi dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya tempat penaruh pensil. Selain memiliki nilai fungsi, karya tangan ini juga memiliki nilai keindahan juga lho. Ingin lihat caranya? Langsung saja lihat cara pembuatannya.

Siapkan alat dan bahannya seperti:
· Karton tisu (bisa menggunakan karton bekas aluminium foil, kemasan Kok bulutangkis dan karton berbentuk tabung lainnya)
· Karton tebal
· Benang rajut (warna bebas dan boleh lebih dari 1 atau 2 warna)
· Kain flanel
· Lakban Kertas
· Lem kertas putih

Cara pembuatannya:


1. Potong sisi luar lingkar tabung apabila ada penutup pada lingkar tabung


2. Tutup lingkaran yang dipotong di sisi dasar tabung karton dengan menggunakan lakban kertas


3. Potong kain flanel dengan diameter yang sama dengan tabung pada karton bekas dan rekatkan di bagian dasar tabung dengan menggunakan lem putih.


4. Diamkan selama beberapa menit untuk mendapatkan hasil tempel yang kuat pada kain flanel.


5. Lalu mulailah gulung seluruh bagian tabung karton dengan menggunakan benang rajut. Mulai menempelkan benang yang ingin digulung dengan lem dibagian sisi terbuka tabung. Agar lebih mudah diamkan terlebih dahulu benang yang ditempelkan pada sisi terbuka supaya kuat saat digulung.


6. Setelahnya, bubuhkan lem ke segala sisi tabung karton untuk menggulung benang menjadi mudah. Setelah menggulung beberapa putaran, putar balik tabung dan terus menggulung tabung dengan benang. Usahakan menggulung dari bawah keatas karena lebih mudah daripada atas ke bawah.


7. Warna benang pada tabung bisa dicampurkan dengan warna lain seperti pada gambar atau 1 warna saja.


8. Jika telah selesai menggulung semua sisi tabung karton, buatlah hiasan dengan menggunakan kain flanel untuk memperindah tempat penaruh alat tulis dan tempel di salah satu sisi tabung karton.


9. Tunggu sampai beberapa menit agar semua merekat dengan baik. Setelah semua selesai, silahkan gunakan untuk menaruh alat tulis seperti pensil, pulpen, dan alat tulis lainnya.

(Dikutip dari craftpassion.com)