Seruling dari Pipa

21 Juni 2017 Tutorial Lain-Lain


Apa terlintas dalam pikiran kita jika benda perkakas bisa dijadikan sebagai seni? Ya, kita bisa kok membuatnya menjadi alat lain yang tentu saja menjadi unik. Pernah mendengar cara membuat alat musik dari bahan perkakas? Ya, kita mengenal gitar bisa dibuat dengan cara unik namun ada yang tidak kalah uniknya dari gitar yakni seruling.

Ya, mungkin kalian pernah mendengar atau menggunakan alat musik tiup ini dipelajaran musik atau kesenian. Biasanya seruling bisa kita dapatkan dengan cara membeli, namun kita bisa buat kok dari pipa bekas. Nah, kita akan membuat seruling ini sebagai pajangan saja. berikut beberapa alat dan bahan yang bisa disediakan seperti:

· Pipa bekas dengan ukuran 30 cm
· Tang
· Amplas halus
· Batang kayu berbentuk tabung
· Bor
· Cat Warna putih

Cara pembuatan:


1. Pertama ambil pipa dan lubangi sebanyak 6 lubang pada bagian sisi pipa. Setelah dilubangi, untuk alat tiupnya bisa kita buat dengan cara memotong bagian dari mulut pipa dengan menggunakan gergaji atau tang. Setelah dipotong berikan amplas agar bekas potongan menjadi halus. Siapkan batang kayu yang telah dibuat untuk memasukan mulut pipa.


2. Masukan batang kayu yang telah disediakan kedalam mulut pipa. Setelah dimasukan potonglah membentuk sudut miring dengan menggunakan gergaji. Setelah itu haluskan permukaan bekas pemotongan dengan amplas. Tidak lupa juga untuk menghaluskan seluruh sisi seruling yang dibuat dengan amplas. Terakhir, cat dengan warna putih dan diamkan hingga beberapa saat. Jadilah seruling dari pipa.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari wikihow.com)
Tags