Rak Rumah dari Kardus

19 November 2014 Tutorial Lain-Lain


Apakah dirumah Anda memiliki kardus-kardus yang tidak terpakai? Kardus yang kita selama ini kebanyakan digunakan untuk membungkus barang dalam jumlah yang banyak. Seperti yang kita ketahui, kardus sendiri merupakan kertas karton yang memiliki gelombang pada lapisannya. Sebenarnya kardus yang sering kita jumpai juga bisa dijadikan sesuatu yang bermanfaat untuk rumah.

Kardus bekas bisa diaplikasikan menjadi rak rumah. Nah, bagaimana cara membuat dan hasilnya? Yuk, kita lihat persiapan alat dan bahannya seperti:

· Beberapa kardus bekas 5 - 6 lembar
· 3 buah kayu (ukuran bebas namun sama panjang)
· Lem kertas
· Cutter
· Mistar

Cara pembuatan:


1. Siapkan kertas kardus yang telah dipersiapkan sebelumnya. Pertama, potong kardus membentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama antara panjang dan lebarnya. Buatlah sekitar 6 lembar. Kemudian susun seperti membentuk huruf L terbalik seperti pada gambar berikut.


2. Tempelkan membentuk huruf L yang terbalik seperti pada gamabr berikut. Untuk meletakan penyangga kayu, silahkan anda dapat mengukur antara panjang kayu dengan 3 kayu dengan panjang yang sama. pada sisinya buatlah lubang untuk tempat kayu tersebut. Caranya bisa dilihat pada gambar berikut. Jika sudah, Anda dapat menambahkan kardus agar kuat dengan melapisinya lagu dengan kardus hingga ketebalannya sekitar 4 cm. setelah itu gunakan lem untuk merekatkan semua lapisan kardus.


3. Untuk membuat rak rumahnya, anda dapat meyediakan 6-7 lapis kardus dengan ukuran yang sama. usahakan pilih kardus yang dijadikan sebagai rak tidak tumpang tindih dengan lipatan-lipatan kardus. Carilah kardus yang memiliki bidang rata tanpa lipatan. untuk ukuran dari bidang rak, bisa diperkirakan berbentuk persegi panjang.


4. Jika sudah, anda dapat membuat bidang rak dengan menggabungkan semua lapisan menjadi satu dengan cara direkatkan dengan lem. Setelah itu, biarkan hingga mengering. Lakukan juga perekatan pada fondasi rak yang telah diberi kayu. Setelah itu anda dapat memberikan kreasi seperti membentuk panah pada bagian bawah dan dll. Anda dapat membuat tambahan bidang dengan ukuran kecil namun berbentuk persegi panjang seperti pada gambar.


5. Pasang bidang yang telah dibuat tadi dengan fondasi rak yang telah mengering. Caranya dimulai dari perekatan dengan paku atau dengan baut. Sebelum dikeraskan dengan baut, berilah lem terlebih dahulu untuk mencapai hasil yang maksimal. Setelah lemnya mengering baru bisa menggunakan perekatan terakhir dengan baut. Agar baut lebih kuat bisa dipasangkan pada belakang rak seperti pada gambar. Terakhir anda dapat memasang paku dan menempelkannya pada salah satu dinding kamar.

Oleh: Albert.S
(Dikutip dari instructables.com)