Rak dari Kotak Sepatu

26 April 2019 Tutorial Lain-Lain


Senangnya membeli sepatu apalagi diberi oleh kerabat atau keluarga. Biasanya kemasan sepatu adalah kotak. Nah jika sudah mengambil sepatunya, apakah yang akan dilakukan dengan kemasannya? Banyak orang memilihnya untuk membuang ke tempat sampah. Padahal sebenarnya kotak kemasan sepatu ini bisa kita manfaatkan untuk meletakan peralatan/bahan rumah tangga.


Dengan kotak kemasan sepatu yang sedikit dimodifikasi, maka hasilnya akan menjadi kotak penyimpanan seperti untuk menyimpan peralatan atau bahan-bahan rumah tangga seperti alat masak, selai dan roti juga alat-alat lain yang bisa disimpan di kotak ini. Nah, untuk pembuatannya tidak membutuhkan banyak waktu. Anda dapat mempersiapkan alat dan bahannya seperti:

· Kemasan kotak sepatu
· Lem
· Kertas kado yang memiliki corak (corak bebas)
· Varnish (Pernis)
· Kuas

Cara pembuatan:


1. Ambil kotak kemasan sepatu dan kertas kado. Tutupi bagian luar pada kotak sepatu dengan kertas kado. Caranya gunakan lem dan tempelkan kertas kado pada sisi luar kotak sepatu. Jika sudah ditempelkan dengan kertas kado, diamkan beberapa saat hingga kertas kado merekat pada setiap sisi luar kotak sepatu. Usahakan untuk membuat rapi pada proses perekatan pada sisi luar kotak karena akan mudah rusak jika sembarang menempelkan.


2. Jika sudah kering, anda dapat menambahkan pelapis varnish yang telah disiapkan. varnish ini bermanfaat untuk menghindari debu serta dapat menahan bahan yang lembab. Untuk hasil yang lebih tahan terhadap kelembaban, silahkan lapisi 2-3 kali. Jika sudah keringkan hingga saat sampai terlihat mengkilap.


3. Apabila sudah mengering, silahkan anda dapat meletakan beberapa bahan yang ingin disimpan. Jadilah rak serba guna. Jika ingin membuat lebih, anda dapat mengikuti langkah yang sama sebelumnya.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari instructables.com)