Pohon Natal dari Lonceng Kecil

19 Desember 2014 Tutorial Lain-Lain


Saat ini kita telah berada di bulan Desember dan merupakan hari yang ditunggu oleh teman-teman kita yang berkeyakinan kristiani sekaligus menutup lembaran tahun 2014 dan mulai menghadapi tahun 2015. Nah...kalian yang merayakan Natal , apa yang dibenak kalian ketika mendengar Natal? Ya, salah satunya adalah pohon Natal.


Pohon cemara yang diberi hiasan biasanya dipasang di dalam rumah sebagai bentuk perayaan Natal. Jika kalian belum sempat memiliki pohon Natal, apa yang akan kalian buat untuk merayakan Natal ini? Tenang, kali ini kita akan membuat pohon Natal dari Lonceng. Karya yang dibuat nanti juga tidak kalah menariknya dengan pohon Natal pada umumnya. Untuk pembuatannya, silahkan anda dapat mempersiapkan alat dan bahannya seperti:

· Lonceng kecil berwarna dengan 3 ukuran berbeda (besar, sedang dan kecil) dan warna terang seperti emas dan perak atau kuning serta jumlahnya 1 pak lonceng besar, sedang dan kecil.
· Styrofoam kerucut dengan panjang 25 cm.
· Kawat
· Tang kecil

Cara pembuatan:

1. Pertama, anda dapat memisahkan ukuran kecil, sedang dan besar lonceng yang telah dipersiapkan. Untuk warnanya bisa disesuaikan apakah ingin bercampuran atau tetap pada 1 warna saja. Pada pembuatannya urutannya adalah lonceng yang paling besar yang dipasangkan pada bagian styrofoam kerucut tersebut.


2. Ambil styrofoam kerucutnya kemudian letakan dibawah. Anda dapat menandai dengan memberikan garis di sekitar kerucut agar tidak salah memasukan lonceng pada sisi luar kerucut. Setelah itu, ambil kawat dan tang. Bengkokkan membentuk huruf U. Buatlah kawat tersebut sesuai dengan jumlah lonceng yang akan dipasang. Setelah dibuat, anda dapat mengaitkan dibelakang lonceng seperti pada gambar.


3. Mulai dari yang lonceng berukuran besar dipasangkan pada bagian bawah kerucut. Untuk pemasangan kerucut bisa mengikuti garis yang telah ditandai sebelumnya. Tancapkan kawat yang telah dikaitkan pada belakang lonceng ke sisi kerucut. Usahakan bentuk lonceng yang ditancapkan segaris agar terlihat rapi. Untuk warna bisa campur atau segaris.


4. Kemudian lanjutkan ke lonceng berukuran sedang dan kecil. Untuk lonceng besar cukup 4 baris saja kemudian dilanjutkan dengan lonceng berukuran sedang. Pada kawat yang dkaitkan pada belakang lonceng bisa sedikit dikecilkan dengan cara memotong dengan menggunakan tang hingga sesuai dengan gambar berikut.


5. Terakhir pasangkan lonceng berukuran kecil. Semakin kecil maka kawatnya harus pendek. Tetap pasangkan lonceng kecil hingga selesai. Buatlah semua sisi kerucut dengan menancapkan lonceng kecilnya. Buatlah sekitar 4-5 baris dan sisakan pada bagian ujung kerucut.


6. Sentuhan terakhir anda dapat memberikan lonceng yang berukuran besar berwarna kuning atau emas. Caranya potong ujung kerucut kemudian kaitkan kawat pada bagian belakang dan tancapkan pada bagian ujung kerucut yang telah dipotong. Nah... menarik untuk dicoba bukan?

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari craftunleashed.com)
Tags