Pita Kado dari Kain Flanel

11 Juli 2018 Tutorial Lain-Lain


Sudah tidak asing lagi ketika memngingat hari penting seperti halnya hari ulang tahun kerabat terdekat serta keluarga, biasanya kita memberikan kejutan atau lebih dikenal dengan surprise. Ada banyak contoh kejutan yang bisa diberikan contohnya saja memberikan hadiah atau biasa dikenal dengan kado.

Kado sendiri bisa dikatakan unik karena dalam membuat kado biasa diberikan seni melipat untuk memperindah hadiah yang akan kita berikan. Ada yang membentuk kipas, berbentuk lipatan baju dan cara melipat lainnya. Kali ini kita akan membuat kado dengan hiasan pita. Sebelum membuatnya, Yuk kita siapkan alat dan bahannya seperti:


· Kain flanel (warna sesuai keinginan)
· Serbuk glitter warna emas
· Solatip
· Gunting
· Lem tembak

Cara pembuatan:

1. Ambil kain flanel yang telah disediakan serta gunting. Ukur kain membentuk persegi panjang besar dan kecil. Untuk persegi panjang yang besar yakni 12cm x 7 cm dan 6 cm x 2 cm. Setelah itu beri jarak pada sisi kiri dan kanan sekitar 2 cm. pada saat proses pengeleman berlangsung, batasi jarak yang telah diberikan dengan lem.


2. Setelah di beri lem pada jarak yang telah diberikan, sekarang anda bisa taburkan serbuk gliternya diatas lem. Caranya taburkan secara perlahan agar serbuk glitter dapat merata pada semua bagian. Taburkan juga pada sisi lainnya. Setelah penaburan serbuk glitter merata, diamkan hingga beberapa menit hingga serbuk benar-benar menempel.


3. Setelah kering, anda dapat melepaskan pembatasnya. Usahakan ketika melepaskan pembatasnya dilakukan secara perlahan agar tidak mencabut serat kain flanelnya. Cara pelepasan batasnya bisa dilihat pada gambar berikut. Sisi lainnya bisa dilepaskan seperti cara ini.


4. Setelah dilepaskan, anda bisa mengibas-kibaskan serbuk yang mungkin tersisa agar tidak terlihat kotor. Setelah itu, tekan bagian tengah pada kain yang telah diberikan serbuk glitter. Usahakan ukuran samping tepat pada saat penekanan. Setelah itu, ambil kain flanel yang telah dipotong 6 cm x 2 cm dan lingkarkan tepat pada bagian tengah yang ditekan. Caranya bisa dilihat pada gambar berikut. Setelah itu, oleskan kain tersebut dengan lem tembak dan tempelkan pada bagian tengah.

Jadilah pita kado yang bisa ditempel diatas kado.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari modpodgerocksblog.com)
Tags