Pesawat dari Karton Bekas

31 Agustus 2015 Tutorial Lain-Lain


Kegiatan mendaur ulang merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan sekaligus membantu karena dengan mendaur ulang benda yang tidak terpakai bisa mengasah kreativitas kita. Tidak hanya mengasah kreativitas, kita dapat membantu mengurangi volume sampah. Salah satu sampah yang sebenarnya bisa didaur ulang adalah sampah karton seperti karton tisu gulung.


Meskipun hanya barang bekas kita juga bisa membuat karya seni yang unik dan bisa diperagakan untuk semua kalangan. Kali ini kita akan membuat pesawat dari karton gulung ini. Ingin tahu hasil pesawatnya? Yuk kita siapkan alat dan bahannya seperti:

· Kemasan karton tisu gulung
· Kardus
· Gunting
· Lem
· Cutter

Cara pembuatan:

1. Untuk membuat badan pesawat, kita terlebih dahulu pastikan bentuk dari badan pesawat. Untuk pembuatan badan pesawat, buatlah lengkungan bentuk S pada gambar berikut. Jika sudah membuat lengkungan badan pesawat, kita lanjutkan dengan membuat "Kokpit" pesawat. Caranya dengan melubangi bagian tengah pada karton gulung. Anda cukup membuat bentuk oval pada bagian tengah pesawat. agar lebih menekankan lekukan dari badan pesawat, Anda dapat sedikit melipat pada bagian lengkunganya.


2. Setelah membuat bagian badan pesawat, berikan lubang pada bagian dekat dengan kokpit pesawat dengan memberikan garis seperti pada gambar berikut dibagian dalam badan pesawat. Setelah diberikan garis dan dilubangi, kita dapat membuat rangka sayap, roda pesawat dan ekor pesawat dari kardus yang telah disiapkan. Untuk sayap pesawat, kita bisa membuat bentuk ½ oval yang memanjang dan ½ oval yang pendek. Sementara untuk rodanya berbentuk lingkaran dan ekor pesawat potong membentuk segitiga siku-siku.


3. Setelah semua bagian dibuat, pasangkan semuanya ke badan pesawat seperti sayap pesawat pada badan dan ekor serta roda pesawat. Supaya lebih kuat dalam mempertahankan posisi dari bagian pesawat, berikan lem secara merata dan diamkan beberapa saat hingga mengering. Setelah mengering, berikan warna pada seluruh badan pesawat dengan cat pewarna. Jadilah Pesawat Dari Karton !

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari mollymoocrafts.com)