Penghias Dinding Rumah Berbahan Wol

22 Oktober 2014 Tutorial Lain-Lain


Kita selama ini telah mengenal benang wol. Ya, benang wol secara umum digunakan untuk membuat pakaian. Bahan yang membuat tubuh hangat ini menjadi pilihan utama untuk setiap orang terutama di daerah yang memiliki iklim yang dingin. Bahan wol sendiri memiliki serat yang tebal. Namun tidak hanya menjadi pakaian saja. Kita pun bisa membuat kerajinan tangan dengan menggunakan benang wol ini.

Kali ini kita akan membuat hiasan rumah dengan menggunakan benang wol ini. Nah, bagaimana cara pembuatannya dan hasilnya? Yuk, kita lihat beberapa caranya berikut ini.

Alat dan bahan:


· Serat benang wol (benang wol yang telah diurai)
· Sabun cair
· Air
· Benang bordir
· Jarum

Cara pembuatan:


1. Siapkan serat benang wol. Tarik secara perlahan serat benang wolnya. Usahakan agar tidak merusak serat benangnya. Tarik hingga serat benang terbentang semuanya. Apabila sudah terbentang, bagi dua serat benang tersebut sama panjang. Kemudian satukanlah kedua benang yang telah dibagi dua tersebut.


2. Jika sudah berbentuk gumpalan wol, ambil air panas dan celupkan sabun cair hingga air berbusa. Jika sudah cukup, sekarang masukan gumpalan wol tersebut kedalam air yang telah diberikan sabun tersebut. Sambil menunggu , aduk hingga sekitar 5 menit.


3. Setelah 5 menit, Anda dapat mengeluarkan gumpalan wol tersebut dari air sabun. Peras gumpalan wol tersebut hingga air dari gumpalan wol tersebut tidak ada. Setelah itu anda dapat meratakannya kembali dengan cara digulung menggunakan kedua tangan. Gulung hingga membentuk bola.


4. Peras kembali gumpalan wol tersebut agar bola wol benar-benar kering. Setelah itu, anda tarik perlahan-lahan serat kain wol tersebut untuk meratakan permukaan gumpalan wol tersebut. Caranya bisa dilihat pada gambar berikut.


5. Setelah gumpalan wol tersebut telah diratakan dan diperas, Anda dapat mengeringkan gumpalan wol dibawah sinar matahari selama 6 jam. Namun jika tanpa sinar matahari, proses pengeringan akan berlangsung selama kurang lebih 24 jam. Anda dapat membuat beberapa gumpalan wol dengan warna yang berbeda. Setelah itu keringkan seperti pada gambar.


6. Apabila sudah kering dan membentuk persis seperti bola wol, sekarang saatnya untuk proses penyatuan. Anda dapat menggunakan benang bordir yang telah disatukan dengan jarum dan tusuk ke bagian tengah. Jika satu bola wol sudah diberi benang, maka sambungkan dengan bola wol lainnya dengan warna yang berbeda.


7. Setelah semuanya sudah disambungkan dengan benang bordir, anda dapat menggantungkan bola wol tersebut ke dinding. Jadilah bola wol penghias dinding rumah.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari craftaholicsanonymous.net)
Tags