Pembatas dan Gantungan Boneka Salju

17 Desember 2014 Tutorial Lain-Lain


Bulan Desember telah tiba. Kini bulan Desember tepatnya di pekan terakhir bulan Desember adalah hari perayaan teman-teman kita yang berkeyakinan Kristiani yakni hari Natal. Biasanya dalam merayakan Natal, banyak orang yang membuat pohon cemara dengan hiasan salju dengan kapas yang dibiarkan mengantung di pohon juga bintang pada ujung pohon cemara, beserta gantungan Sinterklas.

Nah... dalam merayakan suasana Natal, apakah Anda membuat sesuatu yang unik dari kreativitas? Mungkin Anda pernah melihat Boneka Salju? Ya, kita akan membuat pembatas buku Boneka Salju dengan alat dan bahan seperti berikut:


· 3 buah Pom-pom (wol yang diuntai sehingga menjadi bola wol bentuk bulat-bulat) dengan ukuran yang berbeda. Ukuran kecil, sedang dan besar.
· 2 buah Mata boneka
· Topi hitam mainan (bisa dibuat dengan tanah liat mainan)
· Pipe cleaner dengan warna merah-putih
· Solatip berwarna
· Stik es krim (ukuran bebas)
· Lem cair/panas

Cara Pembuatan:


1. Setelah semua sudah dipersiapkan, Ambil 3 buah pom-pom dengan ukuran yang berbeda dari kecil, sedang dan besar. Urutkan mulai dari yang terkecil diatas kemudian pom-pom berukuran sedang di tengah dan pom-pom besar berada pada paling bawah. Setelah mengurutkan pom-pomnya, anda dapat melakukan pengeleman. Setelah diberi perekat, diamkan hingga beberapa saat.


2. Setelah kering, Anda dapat menambahkan hiasan untuk membuat boneka salju dengan memberikan topi pada bagian atas serta memberikan syal pada leher boneka salju. Untuk membuat boneka salju, anda dapat memotong pipe cleaner-nya sepanjang 6 cm. kemudian rangkai dan lingkarkan pada leher boneka saljunya. Topi bisa direkatkan dengan lem agar tidak mudah lepas pada saat menjadi pembatas buku atau gantungan pohon Natal.


3. Setelah itu, tambahkan 2 bola mata boneka salju dengan menggunakan mata boneka. Kemudian diamkan beberapa saat hingga kering. Untuk membuat pembataas buku, silahkan sediakan stik es krim beserta solatip berwarna. Caranya warnai stik es krim dengan cara menempelkan solatip berwarna seperti gambar berikut.


4. Ketika stik es krim sudah dilapisi dengan solatip berwarna, sekarang kita masuk ke tahap pengeleman. Ambil boneka salju dan stik es krimnya. Beri lem cair pada salah satu sisi stik es krim.


5. Setelah diberi lem cari, tempelkan bagian belakang boneka salju dengan stik es krim yang telah diolesi dengan lem tersebut. Biarkan kering hingga beberapa saat sampai boneka salju benar-benar merekat kuat. Nah, setelah merekat kuat, bisa digunakan sebagai pembatas buku bacaan seperti novel maupun buku lainnya.


6. Selain menjadi pembatas buku, kita juga bisa membuat boneka salju ini sebagai penghias pohon Natal untuk perayaan Natal nanti. Caranya anda dapat mengikuti langkah yang sama seperti nomor 1 - 4. Setelah itu, ambil benang bordir serta karton bekas tisu toilet yang berbentuk tabung. Ikatkan benang bordir pada kemasan tisu toilet seperti gambar berikut.


7. Lepaskan ikatan dari kemasan tisu toliet dan tempelkan ikatan yang telah dibuat ke bagian atas topi. Anda dapat menggunakan lem tembak agar benang dapat merekat kuat pada atas topi

Oleh: Albert S
(Dikutip dari craftsunleashed.com)