Pembatas Buku dari Penjepit Kertas

12 Oktober 2015 Tutorial Lain-Lain


Untuk menunjang sebuah aktivitas, biasanya kita membutuhkan beberapa alat tulis seperti pulpen, pensil, penggaris dan alat-alat lainnya untuk memudahkan kita dalam pekerjaan. Untuk catatan kecil yang bisa dijadikan sebagai pengingat, kita pasti membutukkan kertas yang bisa ditempel di segala tempat seperti misalnya ditempel di dinding. Seperti halnya dalam menunjang aktivitas, penjepit kertas juga bermanfaat untuk menyatukan beberapa lembar.

Tidak hanya sebagai penyatu beberapa lembar kertas, penjepit kertas atau lebih dikenal dengan paper clip bisa kita jadikan pembatas buku loh? Memang bisa? Tentu saja. untuk pembuatannya bisa dikatakan sederhana karena alat dan bahannya bisa kita temukan. Untuk pembuatannya, kita cukup menyediakan alat dan bahannya seperti:


· Washi Tape / Solatip berwarna (warna bebas)
· Gunting
· Penjepit kertas (paper clip) yang memiliki warna. Jika belum memiliki warna, bisa diwarnai dengan menggunakan cat.

Cara pembuatan:


1. Pertama untuk memudahkan kita dalam memasukan solatip, terlebih dahulu bisa membengkokan penjepit kertas dengan menggunakan tang. Untuk pembengkokan tidak perlu terlalu keras karena dapat merusak penjepitnya. Setelah dibengkokkan, ambil solatip berwarna dan lilitkan solatip berwarna pada penjepit yang telah dibengkokkan tadi. Cara melilitkannya bisa dilihat pada gambar berikut.


2. Setelah dililitkan seperti pada langkah pertama, potong solatip pada bagian ujung membentuk potongan pita. Caranya dengan memotong membentuk segitiga seperti gambar berikut. Setelah diberikan solatip, luruskan kembali bentuk penjepit kertasnya. Nah, jadilah pembatas buku. Jika ingin membuatnya dalam jumlah banyak, bisa mengikuti langkah-langkah sebelumnya.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari paperandpin.com)