Mousepad dari Tatakan Gelas

2 April 2015 Tutorial Lain-Lain


Salah satu alat yang kita butuhkan untuk bekerja adalah komputer. Nah, komputer terdiri dari beberapa perangkat seperti contoh mouse. Seringkali pada alat yang membantu kita dalam mengoperasikan komputer ini kesulitan ketika kita men-drag mouse kita sendiri padahal mouse tersebut masih bisa berfungsi.


Salah satu masalahnya adalah permukaan dari bidang datar tepat pada bagian bawah mouse yang memiliki lampu (merah pada umumnya). Lampu tersebut berfungsi untuk melacak bidang datar yang bisa sinkron dengan pointer apabila digerak. Nah solusinya adalah penggunaan mouse pad (tatakan untuk mouse.)

Pembuatany mouse pad ini bisa dikatakan cukup unik karena dari bahan sederhana seperti tatakan dari serbuk kayu. Nah, penasaran bentuknya seperti apa? Yuk kita siapkan alat dan bahannya seperti:


· Tatakan gelas dari serbuk kayu berbentuk bulat (bahan lain juga bisa)
· Kertas dengan motif yang bisa disesuaikan dengan keinginan (2 lembar)
· Lem putih
· Pita bermotif
· Gunting
· Kuas
· Pensil
· Cat warna (warna bebas)

Cara pembuatan:

1. Ambil tatakan gelas yang telah disediakan, kemudian ambil kedua kertas yang bermotif. Balikan kertas tersebut, letakan tatakan gelas diatas kertas motifnya. Gambar menyerupai bentuk dari tatakan gelas dengan menggunakan pensil. Jika sudah maka gambar pula kertas motif lainnya dan gunting sehingga kita akan mendapatkan kertas motif berbentuk bulat.


2. Siapkan lem putih dan kuasnya. Berikan lem pada kertas namun perlu diketahui jangan terlalu banyak karena bisa membuat kertas mudah robek. Berikan lem secukupnya saja. Tidak lupa juga untuk memberikan lem pada baguan permukaan tatakan gelas. Setelah itu tempelkan kertas ke atas permukaan tatakan gelas secara perlahan. Supaya kertas tidak mengelembung, anda dapat menggunakan kain perca untuk membantu perekatan lem. Jika sudah diberi lem, diamkan hingga 20 menit. Lakukan cara yang sama pada sisi sebaliknya


3. Nah jika kedua sisi telah diberikan kertas yang bermotif, pada pinggiran dari tatakan gelas dapat Anda berikan pita yang memiliki panjang yang sama.Caranya potong pita sesuai dengan ukuran dan beri lem pada bagian yang ingin ditempelkan. Jika Anda hanya memiliki pita yang bermotif, silahkan warnai dengan warna yang diinginkan. Jika sudah direkatkan, diamkan hingga beberapa menit.


4. Setelah menunggu selama setengah jam, anda dapat meletakan mouse pad di atas mouse-nya. Silahkan dicoba untuk kenyamanan dari mouse pad-nya. Bagaimana? mudah bukan membuatnya? Nah, pembuatan mousepad bisa melatih kreativitas anak. Selamat mencoba!

Oleh: Albert S.
Dikutip dari modpodgerocksblog.com