Tutorial Lain-Lain
23 April 2013

Mobil Balap dari Karton Tisu Toliet

Bosan dengan ide kreatif yang itu-itu aja? Coba buat ide kreatif yang baru yuk. Disini kita akan membuat kerajinan tangan yang tidak kalah serunya dengan kerajinan lainnya. Tidak jauh berbeda dengan mobil kardus buatan tangan yang sering kita temui di sekitar kita. Namun dengan bentuknya yang unik, ini bisa menjadi solusi untuk mengembangkan ide kreatif kalian.

Sebut saja mobil balap. Dari namanya saja kelihatan biasa saja jika kita lihat. Eitss.. tapi ini bahannya berbeda loh. Biasanya jika ingin membuat mobil-mobilan, bahannya biasanya dari kardus, namun uniknya mobil balap ini berbahan dari karton bekas tisu toilet yang berbentuk tabung. Nah... masih penasaran dengan hasilnya? Yuk kita lihat cara pembuatannya!

Sebelum masuk ke sesi pembuatannya, bahan dan alat untuk membuat mobil balap ini harus dipersiapkan seperti:

· Karton bekas tisu toilet yang berbentuk tabung (untuk jumlah bisa disesuaikan dengan keinginan)

· Cat dengan warna yang diinginkan

· 1 sisi kardus untuk membuat roda mobil balap

· 4 Paku kecil untuk menyatukan ban dengan badan mobil

· Kertas berwarna untuk menghias badan mobil

· Cutter

· Lem

Jika sudah mempersiapkan bahan diatas, sekarang kita lihat cara-cara pembuatannya:

1. Pertama, siapkan karton tisu tabungnya dan tentukan jumlahnya yang ingin dibuat misalnya ingin membuat 5 mobil balap.

2. Kemudian jika sudah ditentukan, sekarang berilah warna badan mobil dengan menggunakan cat warna yang diinginkan. Jika tidak memiliki cat, anda bisa melapisi badan mobil dengan karton berwarna dan di beri perekat atau lem agar karton berwarna dan badan mobil menyatu dengan baik.

3. Sambil menunggu kering badan mobil yang baru dicat atau dilem dengan karton berwarna, sekarang kita buat roda mobil dengan menggunakan kardus dan di beri motif lingkaran. Buatlah roda masing-masing untuk satu mobil balap ada 6 roda. 4 lingkaran untuk roda dan 2 lingkaran untuk menutupi lubang tabung atas dan bawah. Jika sudah, ambil karton putih lalu buatlah lingkaran dengan diameter lebih kecil dari roda yang dibuat agar memperindah bentuk roda mobil.

4. Jika ada cat warna hitam, gunakanlah untuk melapisi roda dari kardus yang di buat tadi lalu rekatkan dengan roda kecil dari karton putih tadi dan buatlah sesuai dengan jumlah mobil balap yang akan dibuat.

5. Jika sudah kering, ambil satu badan mobil yang ingin diberi roda kemudian ambil paku kecil (untuk paku, jenisnya bebas namun sesuai dengan ukuran badan dan roda mobil) kemudian tancapkan bersamaan antara roda dengan badan mobil. Satukan sampai mobil memiliki 4 roda. Oh iya, jangan lupa yah untuk menutup tabung atas dengan tabung bawah dengan menggunakan lingkaran yang dibuat. Lalu sesudah itu, lubangi bagian tengah pada tabung berbentuk persegi untuk tempat duduk si pembalap.

6. Jika sudah, untuk membuat mobil balap lebih "garang", ambil kertas berwarna dan buatlah modifikasi dengan mengambar petir, nomor mobil, api dan lainnya di kertas berwarna kemudian tempelkan dengan menggunakan perekat lalu tambahkan stir mobil pada tempat duduk pembalap

7. Agar lebih nyata, tambahkan orang-orangan pada tempat duduk mobil.

8. Jadilah mobil balap berbentuk tabung!

(Dikutip dari pinterest.com)


Tutorial Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Artikel dan Berita Promo Tahukah Kamu? Hiburan Lowongan Iklan Baris