Menghias Lampu Rumah dengan Origami

30 Desember 2013 Tutorial Lain-Lain


Origami bisa menjadi dekorasi lampu rumah? Mungkin teman-teman asing mendengar origami bisa menjadi lampu rumah. Seperti yang kita ketahui, origami merupakan kesenian melipat dari Negeri Sakura yang berbahan utama kertas. Ternyata, origami juga bisa dibuat hiasan untuk dekorasi lampu di rumah. Masih belum percaya? Agar tidak penasaran yuk kita intip cara pembuatannya.

Pertama-tama siapkan alat dan bahannya seperti:


· 45 lembar kertas A4 putih
· Gunting
· Cutter
· Spidol
· Penggaris
· Lem tembak dan lem kertas biasa
· Alas pemotong
· Lampion putih polos berdiameter 40.6 cm

Jika telah disiapkan, berikut cara pembuatannya:


1. Untuk membuat ukuran kertas origami yakni persegi, ambil kertas A4 dan posisikan kertas secara horizontal. Tandai dengan menggunakan spidol untuk menentukan titik tengahnya dan garis dengan menggunakan penggaris. Jika sudah, potong dengan menggunakan gunting menjadi 2 bagian. Lakukan untuk sisa kertas yang berjumlah 44 lembar sehingga anda akan mendapatkan 90 lembar kertas origami dari kertas A4.


2. Apabila sudah mendapatkan 90 lembar kertas, saatnya untuk masuk ke tahap melipat origami. Lipat kertas menjadi dua dengan tepi bawah ke atas sampai sejajar dengan tepi atas. Agar lipatan lebih siku pada tepi bawah, gunakan bagian belakang sendok agar tidak ada celah angin dalam pelipatan origami nantinya


3. Kemudian buka lipatan kertas. Setelah itu lipat kembali dari sisi kanan ke sisi kiri sehingga pada lipatan kertas akan membentuk 4 persegi kecil seperti pada gambar.


4. Buka kembali kertas yang telah dilipat tadi dan ambil sudut kanan bawah dan lipat sampai titik tengah pada kertas. Lakukan hal ini pada sisi lainnya sehingga semua membentuk sisi diagonal seperti pada gambar

5. Lipat kembali menjadi dua bagian dari tepi atas dan tepi bawah. Ulangi cara ini dengan sisi tepi kiri dan tepi kanan.

6. Jika telah terbentuk seperti bentuk belah ketupat, tetapkan posisinya seperti gambar.


7. Kemudian lipat kertas dari sudut kanan bawah ke sudut kiri atas. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar berikut. Ulangi proses ini pada sudut kiri bawah ke sudut kanan atas.


8. Jika telah dilipat, kemudian buka kembali kertas yang telah dilipat dan akan menjadi seperti gambar berikut


9. Gunakan kedua tangan untuk letakkan jari Anda pada lipatan diagonal kedalam seperti pada gambar.


10. Untuk memastikan agar lipatan rapi, lakukanlah seperti pada gambar berikut


11. Terakhir, buka kembali lipatan sehingga menjadi bintang dengan 4 kaki seperti pada gambar berikut


12. Jika telah memahami urutan pembuatan origami dan pembuatannya, buatlah bintangnya sampai 90 buah bintang untuk menghias lentera lampunya.


13. Nah, tahap selanjutnya ialah pengeleman origami pada lampu lentera. Pada tahap ini, posisikan bintang pada permukaan data untuk membuat pola. Tempatkan satu kolom pada bintang satu dengan bintang lainnya. Sudut-sudut yang lebih rendah dari bintang harus menyentuh sudut atas yang lain. Sudut-sudut yang lebih rendah dari bintang harus menyentuh sudut atas yang lain.

14. Panaskan lem panasnya, lalu siapkan alas atau tikar untuk penadah lem apabila lemnya tumpah. Ambil lenteranya dan possisikan tegak dalam proses pengeleman origaminya


15. Pegangbintang pertama dari atas dan mengubahnya terbalik. Tambahkan beberapa lem ke empat penjuru dalam dan di daerah sekitar lentera. Hindari pengeleman luar dari bintang-bintang karena cara ini tidak dapat membuat origami merekat kuat di lentera


16. Posisikan bintang origami pada lentera dan tahan hingga merekat kuat. Dalam tahap ini anda harus cepat dan tepat agar lem panas tidak cepat dingin. Lebih baik anda mulai menempelkan bintang dari sisi tengah pada lentera akan ke atas.


17. Pada penempatan bintang ketika masuk kebagian paling atas adalah bagian yang mungkin agak sulit karena semakin keatas ruang untuk menaruh bintang menjadi sempit. Untuk itu, paksakan sedikit agar ujung bintang tepat antara satu dengan lainnya.


18. Jika semua telah direkatkan dengan lem, lentera lampu yang dihasilkan akan menjadi seperti gambar berikut.


19. Terakhir, masukan bohlam lampu kedalam lentera. Apabila sudah masuk, kemudian gantungkan ke langit-langit rumah dan coba nyalakan.

(Dikutip dari berbagal sumber)