Menghias Fitting Bohlam dari Kemasan Cup

19 April 2019 Tutorial Lain-Lain


Tidak bisa dipungkiri jika karya seni yang terbuat dari bahan-bahan bekas memiliki nilai keunikan tersendiri baik bagi diri sendiri maupun orang lain yang akan melihat hasilnya. Kita seringkali melihat benda-benda yang sudah tidak terpakai dibuang begitu saja. Padahal benda-benda tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengurangi volume sampah.


Salah satunya adalah sampah plastik. Sampah plastik memang tidak bisa terurai dengan cepat karena ketahanannya terhadap cuaca. Sebenarnya sampah plastik bisa kita manfaatkan seperti kemasan minuman cup yang sudah tidak digunakan. Dengan kreativitas, kita bisa kok mengubah sampah menjadi barang bermanfaat. Yuk kita manfaatkan barang bekas dengan menyiapkan alat dan bahannya seperti:

· Fitting bohlam lampu
· Bohlam lampu dengan daya yang kecil
· Gelas plastik berukuran sedang atau besar (cup)
· Gunting
· Lem

Cara pembuatan:


1. Pertama, kita lubangi terlebih dahulu bagian dasar pada kemasan cup yang telah disiapkan. setelah itu, untuk posisi pelubangan jangan terlalu ke posisi tengah karena dapat mengurangi jarak pandang ke dinding. Posisikan pelubangan pada sisi kanan namun agak menengah. Samakan ukuran lubang yang akan dibuat dengan diamenter fitting bohlam. Setelah itu lubangi dengan menggunakan gunting atau cutter. Usahakan pas dengan diameter fitting bohlam agar bisa diganti-ganti.


2. Setelah dilubangi, masukan fitting bohlam ke bagian bawah cup yang telah dilubangi.cocokan dengan diameter bohlam . setelah fitting bohlam dimasukan, berikan lem agar lebih kuat ketika nanti akan digantung di stopkontak. Usahakan tidak bergoyang ketika digantungkan. Sebelum digantung, kita dapat melakukan pencobaan dengan cara menggerakan fitting bohlamnya.


3. Setelah fitting bohlam dimasukan, kita pasangkan bohlam lampu kedalamnya. Untuk pemasangannya harus dilakukan secara perlahan agar tidak mengganggu fitting bohlam yang telah ditempel. Setelah dipasangkan, cobalah untuk dicolokan ke stopkontak pada dinding rumah. Anda juga dapat memberikan gambar pada kemasannya agar terlihat lebih bercorak.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari instrutables.com)