Mendaur Ulang Kemasan Kue Menjadi Rak

13 April 2014 Tutorial Lain-Lain


Memang tidak ada habisnya jika kita berbicara masalah kemasan bekas yang telah menjadi benda yang tidak dipakai kembali atau lebih dikenal dengan sampah. Sampah pun beragam, mulai dari organik sampai anorganik. Namun seiring dengan perkembangan zaman yang melesat jauh membuat orang berlomba-lomba menciptakan terobosan-terobosan untuk alat mempermudah kebutuhan dan kehidupan manusia.

Saat ini, sampah kertas sudah bisa di minimalisir dengan adanya daur ulang dan bisa menjadi bahan pembuatan kertas. Nah, kali ini kita akan membuat karya seni dari bahan bekas yaitu kemasan bekas menyimpan kue untuk perayaan. Bagaimana cara membuatnya? Anda hanya menyiapkan kemasan bekas kue, gunting, lem, dan selembar karton serta kertas kado.

Cara pembuatan:


1. Sebelum membuat rak dari kemasan kue ini, sebaiknya anda harus memilih kemasan kue dari karton yang agak tebal karena nantinya akan diberi lem pada setiap permukaan dari karya seni ini. Pilih kemasan kue dari bahan yang tebal utnuk menghindari penguapan pada lem. Setelah itu, anda potong pada bagian tengah dari kemasan kue tersebut. Untuk cara mengguntingnya bisa dilihat di gambar berikut.


2. Pada bagian tengah dari kemasan yang telah terpotong akan membentuk segitiga terbalik (bentuk huruf V). Lipat pada bagian sisi tengah ke atas sehingga bagian kiri dan kanan pada kemasan akan saling berlawanan. Cara melipatnya bisa dilihat pada gambar berikut. usahakan agar lipatan siku antara satu sama lainnya sehingga akan mempermudah untuk proses pelapisan.


3. Jika sudah, sekarang anda perhatikan pada depan pada tiap sisi kiri dan kanan. Pada bagian pada masing-masing tersebut terlihat tidak ada penutup. Oleh karena itu, kita buat penutup pada masing-masing sisi dengan menggunakan karton. Buatlah sesuai dengan ukuran yang sama dengan gambar dan sambungkan dengan menggunakan lem yang telah disiapkan.

4. Jika sudah, diamkan sampai beberapa saat hingga lemnya kering. Setelah rak sudah kering, sekarang kita akan melapisi dengan kertas kado yang telah disiapkan. lapisi semua permukaan rak dengan lem yang cukup. Setelah itu tempelkan kertas kado secara perlahan hingga semua terlapisi kado.

Oleh: Albert S
(Dikutip dari pinterest.com)