Membungkus Kado yang Bentuk Anyaman

16 Agustus 2016 Tutorial Lain-Lain


Membungkus kado dengan bentuk anyaman adalah sebuah metode unik yang terinspirasi dari kecantikan kerajinan anyaman khas nusantara. Dan kini, bentuk anyaman tersebut bisa Anda aplikasikan pada bungkus kado untuk mengemas hadiah yang hendak Anda berikan untuk sahabat, kekasih bahkan orangtua.

Bahan-bahan dan alat yang digunakan:
*. 1 buah gunting
*. 1 buah doubletip
*. 1 buah selotip
*. 1 lembar bungkus kado
*. 1 buah kado berbentuk kubus
*. 4 buah pita jepang warna hijau ukuran 10x1,5 cm
*. 4 buah pita jepang warna merah ukuran 10x1,5 cm

Berikut cara membungkus kado yang berbentuk anyaman:
1. Gunting bungkus kado menjadi dua bagian agar tidak terlalu lebar atau sesuaikan ukurannya sesuai dengan ukuran kado yang hendak dikemas.
2. Tempatkan kado dibagian tengah bungkus kado, kemudian bungkus hingga rapi dan tertutupi.
3. Selanjutnya, lipat bagian ujung kanan dan kiri agar kado yang dibungkus tertutupi secara merata. Jika sudah selesai, sisihkan terlebih dahulu kado kemudian selanjutnya buat anyaman dari pita jepang yang telah dipersiapkan.
4. Caranya, ambil pita jepang dengan dua warna berbeda kemudian kelompokan 4 pita hijau dengan 4 pita merah secara berkelompok. Bariskan 4 buah pita jepang berwarna hijau, kemudian berikan perekat menggunakan selotip dibagian masing-masing ujung. Hal ini untuk memudahkan saat menganyam, sementara itu untuk pita berwarna merah, berikan selotip disalah satu ujung saja.


5. Kemudian tempatkan pita hijau diatas kado, tepatnya dibagian tengah kemudian rekatkan bagian bawah dengan menggunakan selotip.
6. Ambil pita berwarna merah dan mulailah menganyam dengan menyilang dan melewati satu bagian. Lakukan hal yang sama hingga keempat bagian tersebut teranyam.


7. Rekatkan bagian belakang menggunakan selotip.

Untuk mempermudah cara pembuatanya, Anda juga bisa melihat video dibawah ini.

Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari bisikan.com dan berbagai sumber)