Membuat Wadah Lilin yang Unik dari Stoples Bekas

11 Maret 2019 Tutorial Lain-Lain


Membuat kerajinan dari barang bekas bukanlah perkara yang sulit sekali, asal kita mau mencoba. Dan yang paling penting adalah selalu berlatih atau mempraktekkan apa yang telah kita pelajari. Dan pada kali ini kita akan memanfaatkan stoples bekas untuk membuat sesuatu yang unik, yaitu membuat wadah lilin dari stoples bekas.

Alat dan bahan-bahannya:
*. Stoples bekas
*. Lem cair serbaguna / lem tembak
*. Kuas kecil
*. Lilin kecil
*. Manik-manik setengah lingkaran ukuran kelereng
*. Pita / assesoris lain


Berikut cara pembuatannya:
1. Siapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan. Siapkan stoples bekasnya. Jika dalam kondisi kotor, bersihkan terlebih dahulu stoplesnya dari tempelan atau stiker yang menempel. Lalu cuci bersih sampai semua kotoran hilang.


2. Tempelkan manik-manik ke stoplesnya. Manik-manik yang digunakan bisa yang bening atau tidak berwarna, tapi bisa juga menggunakan manik-manik yang berwarna-warni sesuai dengan selera Anda.


3. Proses penempelan bisa dimulai dengan cara mengoleskan lem cair serba guna pada permukaan stoples sedikit demi sedikit. Gunakan kuas kecil untuk membantu mengoleskan lem


4. Setelah permukaan stoples diolesi dengan lem serba guna, mulai tempelkanlah manik-maniknya ke permukaan stoples yang telah diolesi dengan lem. Mulailah dengan bagian atas di bawah ulur tutup, yang agak sedikit cekung. Pada bagian ini Anda juga bisa menempelkan manik-manik yang ukurannya sedikit lebih kecil, agar terlihat lebih rapi.


5. Lanjutkan proses menempelkan manik-maniknya pada permukaan stoples. Pada bagian ini Anda bisa menggunakan manik-manik yang ukurannya lebih besar. Permukaan rata akan mempermudah proses penempelannya. Usahakan menempel dengan serapi mungkin.


6. Pada permukaan kaki stoples bagian bawah biasanya juga agak sedikit melengkung dan cekung ke dalam. Pada bagian ini Anda juga bisa menggunakan manik-manik yang ukurannya sedikit lebih kecil agar lebih mudah dan juga terlihat lebih rapi.
7. Dan setelah lemnya mengering dengan sempurna, wadah lilin ini sudah siap dipakai. Ambillah sebuah lilin kecil, dan letakkan di bagian dalam stoples kemudian nyalakanlah lilin tersebut. Lilin akan mengeluarkan cahaya yang akan dipendarkan oleh butiran-butiran manik-manik. Cahaya yang keluar akan terlihat unik dan sangat bagus.

Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)