Membuat Tissue Pouch dari Kain Flanel

12 April 2014 Tutorial Lain-Lain


Pernah membeli tisu 1 pak? Ya, jika kita membeli tisu biasa akan diberi kemasannya yang terbuat dari karton. Seperti yang kita ketahui tentang tisu, penggunaannya pun menjadi salah satu kebutuhan dalam rumah. Tisu digunakan sebagai pengelap (menggosok) benda - benda yang kotor dengan penggunaan sekali pakai.

Semakin lama, penggunaan tisu mulai marak dalam kehidupan sehari-hari karena selain praktis dan efisien, tisu juga murah harganya. Akibatnya kemasan tisu banyak yang bertumpuk dimana-mana seperti halnya sampah. Nah, kali ini kita dapat menganti kemasan tisu dengan tempat tisu yang kita gunakan dari kain flanel? Bagaimana cara pembuatannya? Yuk kita siapkan peralatannya seperti:


· Lem cair
· Lem tembak
· Kain flanel yang terdiri dari hitam, coklat gelap dan warna coklat cerah.
· Jarum pentul
· Penggaris
· Gunting
· Gunting zig-zag (bergerigi)
· Jarum jahit dan benang berwarna coklat dan hitam

Cara pembuatan:

1. Siapkan 3 kain flanel yang terdiri dari 3 warna yakni hitam, coklat tua dan coklat muda. Kita akan membuat tempat tisu dengan motif beruang Teddy. Potonglah kain flanel warna hitam untuk membuat hidung dan mata beruang. Untuk ukuran mata berdiameter 1, 2 cm. kemudian potong kain flanel berwarna cokelat tua dengan ukuran 15 x 17,5 cm.
Untuk ukuran lainya, bisa dilihat pada gambar berikut. (1 inch = 2.5 cm).


2. Pada lingkaran cokelat muda yang telah dibagi menjadi 2, buatlah guratan pada salah satu setengah lingkaran dengan benang warna hitam. Jahit dengan menggunakan jarum yang telah diberikan benang hitam dan ikuti caranya seperti pada gambar berikut. Pada proses ini kita membuat mulut untuk si beruang Teddy.


3. Sekarang beralih ke kain flanel yang berukuran 15 x 17.5 cm. lipat menjadi dua bagian secara vertikal namun lebihkan sedikit ukurannya untuk bagian atas. kemudian pada bagian bawah kain yang telah dilipat, rekatkan mulut beruang yang telah dibuat dengan menggunakan lem seperti pada gamabr berikut.


4. Setelah itu, lipatlah bagian atas yang lebih panjang ukurannnya dan kunci dengan menggunakan jarum pentul yang telah disediakan. Lipatan pada bagian atas agak menutupi bagian mulut beruang Teddy seperti pada gambar berikut. Jika sudah, siapkan beberapa potongan yang akan digunakan untuk mata dan hidung beruang Teddy.


5. Potongan kain flanel yang telah dibuat untuk bagian telinga lem dengan menggunakan lem cair. Cara pengelemannya pertama posisikan potongan telinga beruang yang berwarna cokelat tua dan ditimpa lagi dengan kain berwarna cokelat muda seperti pada gambar berikut. Beri lem pada bagian bawah dengan menggunakan lem panas. Tidak lupakan mata dan hidung yang telah dibuat.


6. Nah, hasilnya akan menjadi seperti berikut. Untuk menutup bagian pinggir, jahitlah dengan menggunakan benang berwarna cokelat muda. Berilah batas untuk menjahit pada pinggir luar sekitar 1 cm pada setiap sisi kiri dan kanan. Batas -batas menjahit dapat dilihat seperti pada garis putih berikut.


7. Supaya terlihat unik dan menarik, pada bagian pinggir sisi kiri dan kanan tempat tisu, berilah sedikit karya seni dengan mengunting pada bagian pinggir menggunakan gunting zig-zag sehingga hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut. Setelah itu, isi pada mulut beruang dengan menggunakan tisu.


Oleh: Albert S
(Dikutip dari whimsy-love.com)
Tags