Membuat Tempat Serbaguna dari Kaleng Bekas

28 November 2016 Tutorial Lain-Lain


Kaleng bekas telah sejak lama menjadi salah satu alternatif bahan utama untuk pembuatan kerajinan tangan. Apalagi sekarang ini semakin banyak kita temukan berbagai jenis makanan dan minuman kaleng. Sehingga untuk mendapatkan kaleng bekas yang masih bagus dan masih bisa dimanfaatkan kembali tidaklah sulit. Dan kali ini kesekolah.com akan membuat tempat serbaguna dari kaleng bekas.

Alat dan bahan-bahannya:
*. Kaleng bekas
*. Papan kayu
*. Buku Bekas
*. Lem Fox
*. Sekrup
*. Kawat
*. Paku
*. Palu
*. Obeng
*. Kuas
*. Mangkok kecil
*. Pita Assesoris
*. Cat semprot bening (clear)

Cara pembuatannya:
1. Pertama jangan lupa untuk memotong dan membuang bagian atas kaleng (bagian tutup). Lalu usahakan untuk merapikan bagian dalam pinggiran bekas potongannya. Pastikan sudah diratakan agar tidak ada bagian yang tajam dan berbahaya.


2. Selanjutnya adalah assesoris, yang berupa lembaran kertas dari buku bekas. Anda bisa menggunakan aneka jenis buku bacaan, seperti misalnya buku musik yang ada tulisan not baloknya.


3. Tempelkan kertas buku pada permukaan luar kaleng dengan Lem Fox secukupnya. Masukkan pada sebuah wadah mangkuk kecil, kemudian sedikit encerkan dengan menambahkan air sedikit saja. Aduklah campuran Lem Fox dan sedikit air tersebut hingga bercampur. Gunanya untuk melindungi kertas agar tidak mudah rusak nantinya. Atau jika ada, gunakanlah cat semprot berwarna bening sebagai ganti lem. Semprotkan pada permukaan kertas, dan biarkan kering.


4. Sebagai pemanis tambahkanlah pita. Ambil pita dengan jenis yang sesuai selera Anda, lalu rekatkanlah dengan menggunakan Lem Fox pada bagian bawah dan bagian atas kaleng.


5. Jika seluruh permukaan kaleng sudah kering, tempelkanlah semua kaleng hiasnya pada lembaran papan. Caranya, buatlah dua buah lubang kecil pada sisi bagian atas kaleng dengan menggunakan paku dan palu. Kemudian tempelkalah kaleng yang telah dilubangi tersebut pada lembaran papannya, lalu sekruplah kaleng pada papan melalui lubang kecil tadi.


6. Sebagai variasi tambahan, Anda bisa menambahkan beberapa buah wadah kaleng yang berukuran lebih kecil. Caranya, buatlah 2 buah lubang kecil pada sisi bagian depan wadah kaleng yang menempel di papan. Ambil satu wadah kaleng yang sudah jadi yang berukuran lebih kecil, lalu buatlah 2 lubang yang sama. Kemudian satukan kaleng besar dan kaleng kecil dengan menggunakan kawat.


7. Nah hiasan dinding unik dari kaleng bekas sekaligus yang berfungsi sebagai wadah serbaguna ini sudah jadi dan siap dipasang di dinding Anda. Untuk memasangnya Anda bisa menggunakan paku ataupun sekrup pada dinding.


8. Selain itu juga bisa dimanfaatkan sebagai vas bunga unik penghias ruangan. Anda tinggal mengisinya dengan sedikit air dan aneka macam bunga cantik.


Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)