Membuat Tempat Sabun yang Unik dari Kaleng Minuman Bekas

9 September 2019 Tutorial Lain-Lain


Banyaknya sampah kaleng minuman merupakan masalah serius bila tidak segera ditangani dengan baik. Asalkan ada kemauan, kita bisa mengurangi sampah kaleng ini dengan cara mendaur ulangnya menjadi sesuatu benda baru yang bermanfaat. Nah, sekarang kita menggunakan kaleng bekas minuman menjadi tempat sabun mandi. Bagaimana caranya?

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
*. Kaleng bekas minuman
*. Gunting, atau alat potong yang bisa digunakan untuk memotong kaleng.
*. Spidol

Berikut cara membuatnya:
1. Ambil kaleng dan letakkan dengan mulut kaleng pada bagian bawah.


2. Setelah itu pada bagian atas kaleng, gambarkanlah garis lurus sepanjang badan kaleng. Garis ini akan digunakan sebagai acuan untuk memotong kaleng nanti.


3. Kemudian gambarkan garis melingkari 1/3 bagian kaleng pada bagian atas dan bawah.


4. Agar bisa memotong kaleng, sebelumnya kita harus membuat lubang terlebih dahulu pada ujung pertemuan garis yang kita gambar tadi. Setelah kaleng berlubang, barulah kita dapat dengan mudah memotong kaleng, mengikuti garis yang sudah kita buat tadi. Hati-hati dalam memotong kaleng ini, karena bagian tajamnya bisa melukai.


5. Setelah kaleng terpotong, Anda harus menekuk potongan kaleng itu ke arah luar agar potongan tadi terbuka. Anda bisa menggunakan bantuan meja untuk menekuk kaleng ini agar tetap rata. Dan usahakan untuk melipat bagian tajam dari potongan kaleng ini agar tidak membahayakan.


6. Kaleng sudah terpotong dan terbuka, sekarang Anda bisa meletakkan sabun.


Mudahkan? Selamat mencoba.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)