Membuat Tempat Penyimpanan Selotip

26 November 2014 Tutorial Lain-Lain


Apakah anda memiliki kotak dari karton yang tidak terpakai atau biasa digunakan untuk menyimpan benda-benda? Untuk melestarikan alam, kita juga harus belajar untuk memanfaatkan benda bekas menjadi benda yang bisa digunakan kembali untuk menekan volume sampah yang kian lama kian banyak.

Kali ini kita akan membuat tempat penyimpanan selotip. Mungkin diantara kalian ada yang suka mengoleksi selotip berwarna - warni (Washi Tape)? Nah, tutorial ini bisa jadi pilihan untuk menyimpan koleksi selotip berwarna-warni ini.

Alat dan bahan:

· Kubus berbahan karton dengan ukuran sesuai keinginan(min 10x10cm)
· Stik kayu berbentuk tabung dengan diameter 2 cm dan panjang 10 cm
· Lakban kertas
· Cutter
· Lem UHU
· Gerigi pada kemasan aluminium foil
· Gunting
· Amplas halus
· Tang kecil dengan ujung yang panjang

Cara Pembuatan:


1. Ambil kubus dan tongkat yang memiliki panjang yang sama dengan kotak kubus. Letakan tongkat kayu pada bagian sisi luar dan beri gambar lingkaran pada sisi pojok pada kubus. Caranya bisa dilihat pada gambar berikut. Lakukan penggambaran pada sisi yang berseberangan.


2. Setelah ditandai, sekarang kita beralih ke sesi pemotongan. Caranya , ambil cutter dan potong sesuai tanda yang telah diberikan. Potong juga pada bagian sisi yang berseberangan. Setelah dipotong, Anda dapat memasukan tongkat kayu tersebut untuk menyesuaikan ukurannya apakah sudah pas atau kurang.


3. Setelah diperkirakan sudah tepat, selanjutnya anda dapat membersihkan bagian sela-sela lubang yang telah dipotong sebagai penyanggah selotip nantinya. Sesudah itu, silahkan anda dapat menghaluskan permukaan kayu dengan menggunakan amplas yang sudah disediakan.


4. Sekarang anda dapat beralih ke pembuatan penyobek selotip. Ambil pembungkus kertas aluminium foil dan perhatikan pada bungkusnya terdapat gerigi untuk memotong kertas aluminium foil. Ambil logam bergerigi tersebut dengan cara mencabutnya secara perlahan karena dapat melukai tangan anda apabila tidak berahti-hati dalam mencabutnya.


5. Setelah dikeluarkan, ambil tang kecil yang telah disiapkan. pada gerigi tersebut terdapat lubang pada bagian tengahnya. Lebarkan lubang pada gerigi tersebut hingga seperti pada gambar berikut. Pada lubang terdapat logam yang tegak berdiri yang berfungsi untuk menempelkan logam pada kubus karton.


6. Sesuaikan lebar kubus dengan logam gerigi tersebut. Setelah itu, potong dengan menggunakan gunting. Setelah ukurannya sesuai, tambahkan lem pada belakang logam dan tempelkan bagian depan mulut kubus. Untuk hasilnya bisa dilihat pada gambar berikut. Diamkan hingga beberapa saat.


7. Jika perekat pada gerigi logam sudah kering, anda dapat memasukan beberapa selotip untuk mencoba hasil karya anda. Dengan ini, selotip tidak akan tercecer ditempat lain karena sudah memiliki tempatnya.

Oleh: Albert S.
(Dikutip dari craftsunleashed.com)