Membuat Tempat Penyimpanan Gantung

22 Mei 2019 Tutorial Lain-Lain


Ketika Anda mencuci pakaian kotor, pernahkan tanpa sengaja meninggalkan sesuatu di dalam kantong baju atau celana? Jika benda tersebut merupakan benda yang penting, apa reaksi anda melihat benda tersebut tercuci? Ya, jika mengalami demikian, pastilah Anda akan merasa kesal dan kecewa ketika benda seperti flashdisk, uang dan alat penting lainnya terendam oleh cucian.

Jika Anda tidak ingin hal tersebut terulang kembali, mungkin cobalah untuk selalu mengecek kantong pakaian kotornya sebelum dicuci. Rasanya akan malas jika kita menemukan benda penting di kantong dan harus di letakan jauh ditempat yang kering padahal anda mencuci. Oleh karena itu, kita akan membuat tempat penyimpanan barang tertinggal di kantong pakaian kita.

Sebelum melihat cara pembuatannya, yuk kita siapkan beberapa alat dan bahan yang akan digunakan seperti:


· Kayu dengan panjang 27,5 cm dan memiliki lebar 17,5 cm.
· Cat berwarna (warna bisa ditentukan oleh anda)
· Lem putih
· Huruf tempel berbahan kertas / kain flanel
· Kuas cat
· Gantungan berbentuk gergaji (untuk gantungan bebas)
· Paku
· Kemasan bekas selai
· Pipe clamp dari besi
· Obeng (jenis minus)

Cara pembuatan:


1. Pertama - tama siapkan kayu yang memiliki panjang 27,5 cm dan lebar 17,5 cm kemudian beri warna kayu dengan menggunakan cat perwarna yang telah disiapkan sesuai dengan keinginan. Jika telah memberi cat, diamkan sejenak hingga cat kering. Jika sudah tempelkan huruf tempel yang telah disediakan. Untuk kata dapat Anda tentukan. Disini contohnya adalah "Keep the Change". Selain itu tidak lupa juga untuk mengukur di posisi mana kemasan selai akan dipasang.


2. Jika sudah, coba perhatikan pada huruf yang telah Anda buat. Misalnya seperti "Keep the change" pada gambar. Ukur kembali apakah huruf-huruf tempelnya telah tepat dan lurus. Caranya adalah gunakan kain flanel berwarna putih dan ukur seperti pada gambar berikut.


3. Apabila huruf dirasa sudah tepat, Anda dapat mencabut huruf tempelnya perlahan-lahan agar huruf tida tercabut saat pelepasan huruf tempelnya. Sekarang terpampang didepan Anda adalah kayu dengan tulisan yang telah dibuat.


4. Sekarang beralih kebagian belakang kayu. Dibagian belakang kayu, Anda dapat memberikan gantungan pada bagian atas. Untuk posisi pemasangan bisa dilihat pada gambar berikut. Jika Anda tidak memiliki gantungan bergigi seperti gambar, bisa memilih gantungan jenis lainnya.


5. Sekarang tentukan posisi dimana kemasan selai akan diletakan. Jika sudah, sekarang Anda ambil pipe clamp-nya dan coba masukan pipe clamp-nya pada leher tabung selai untuk menentukan dimana tabung selai ini akan dipasang.


6. Jika sudah menentukannya, segera ambil paku kecil sesuai dengan kebutuhan dan paku pada di sisi tengah klem pada pipe clamp-nya. Untuk proses pemasangan paku agar lebih jelas bisa dilihat pada gambar berikut.


7. Paku sekarang sudah menempel dengan klem dari pipe clamp-nya. Kini saatnya untuk memasukan tabung selai kedalam pipe clamp-nya. Gunakan obeng minus untuk memasukan leher tabung. Untuk caranya bisa dilihat pada gambar berikut.


8. Nah, tinggal langkah terakhir jika semuanya sudah selesai, kencangkan kembali leher tabung selai yang telah dipasang dengan menggunakan obeng minus. Setelah itu, Anda dapat menggantungnya di tempat cuci.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari linleegale.blogspot.com)