Membuat Tempat Pensil dari Pelepah Pisang

1 Desember 2015 Tutorial Lain-Lain


Kerajinan dari pelepah pisang mungkin masih agak asing di telinga kita. Memang bagi sebagian orang pelepah pisang dianggap hanya sebagai sampah kering yang berguna. Namun kini di tangan orang-orang kreatif pelepah pisang menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan bernilai ekonomi tinggi. Saat ini banyak sekali benda-benda unik yang dibuat dari bahan dasar pelepah pisang kering. Cara membuat kerajinan tangan dari bahan ini tidaklah terlalu sulit, Anda cukup membuat desain awal benda yang ingin dibuat. Salah satunya dengan memanfaatkan pelepah pisang menjadi kebutuhan hidup seperti tempat pensil.

Bahan-bahan yang digunakan:
*. Pelepah pisang
*. Pensil
*. Gunting
*. Hiasan berupa biji-bijian atau manik-manik
*. Lem, upayakan menggunakan lem dengan daya lekat tinggi
*. Kertas karton, kertas ini digunakan untuk membuat pola betuk yang diinginkan dalam membuat tempat pensil, umumnya berbentuk tabung.


Langkah-langkah pembuatan kotak pensil:
1. Siapkan pelepah pisang yang telah kering, pengeringan pelepah pisang biasanya menggunakan energi cahaya matahari .
2. Tempelkan pelepah pisang yang telah kering pada kertas karton yang telah dibentuk pola kotak pensil.
3. Pada proses pengeleman, dianjurkan untuk menggunakan lem dengan daya lekat tinggi untuk memperoleh hasil yang maksimal.
4. Tunggu sampai kering, proses pengeringan membutuhkan waktu yang cukup lama, agar benar-benar kering. Jika telah kering tambahkan dengan hiasan yang telah di sediakan, bisa berupa manik-manik atau hiasan lainnya.
5. Jadi tempat pensil sederhana.

Selamat mencoba..

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags